Bangkitkan Pariwisata Indonesia melalui API 2020


Jakarta,Gpriority-Akibat Covid-19, pariwisata Indonesia mengalami keterpurukan. Ini disebabkan penutupan tempat-tempat wisata. Kini di era new normal, tempat-tempat wisata sudah diperbolehkan buka kembali dengan penerapan protokol kesehatan. Namun hingga saat ini pengelola wisata dan juga dinas pariwisata daerah mengaku pendapatan yang mereka terima masih di bawah era sebelum Covid-19 muncul.

Inilah yang mengundang keprihatinan berbagai pihak termasuk ayojalanjalan. Sebagai pengelola Anugerah Pesona Indonesia (API), ayojalanjalan seperti dituturkan salah seorang stafnya, Hiro Kristianto Sianturi mengajak seluruh pengelola wisata termasuk pemerintah daerah untuk berpartisipasi. “Untuk membangkitkan kembali pariwisata dibutuhkan promosi dan pemberitaan.Di API 2020, Anda akan mendapat banyak keuntungan seperti penghargaan, pemberitaan dari media partner, serta promosi yang dilakukan oleh Duta API dan juga panitia penyelenggara,” ucap Hiro yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggara API 2020.

Hiro sendiri dalam keterangan persnya juga mengatakan, saat ini kegiatan API 2020 sudah berjalan pada tahap pemungutan suara (voting). Sejauh ini pelaksanaan voting melalui saluran SMS, e-poster Instagram dan video Youtube sudah berjalan dengan lancar tanpa kendala.

“ Terhitung sampai dengan tanggal 31 Agustus 2020, sebanyak 180.177 suara
telah masuk. Dimana dari hasil penelusuran didapatkan data bahwa sekitar 91% suara berasal dari dalam negeri dan sisanya 9% berasal dari manca negara (USA, Malaysia, Singapura, Turki,
dan negara lainnya). Ini merupakan suatu hal yang menggembirakan karena bisa dikatakan bahwa kegiatan Anugerah Pesona Indonesia sudah kembali menjangkau manca negara dan mendapat dukungan dari berbagai pihak,” tutur Hiro.

Untuk mengetahui kategori pariwisata apa saja yang masuk ke dalam API 2020, Hiro mengatakan bisa mengunjungi anugerahpesonaindonesia.com.(Hs.Foto.API)

Related posts