Bansos PPKM Darurat Sudah Cair, Berikut Daftarnya

Jakarta,Gpriority-Akibat meningkatnya Covid-19 di Indonesia, Pemerintah Pusat pun menginjak rem darurat dengan menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Guna mengantisipasi menurunnya sektor ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Pusat pun menggelontorkan bantuan sosial selama PPKM Darurat diberlakukan pada 3 hingga 20 Juli mendatang.

Bantuan sendiri ada yang sudah cair pada Rabu (14/7/2021)dan ada juga yang akan segera cair. Berikut daftar lengkapnya dikutip dari laman resmi presidenri.go.id beberapa waktu yang lalu.

1.Bantuan Sosial Tunai (BST)
Selama PPKM Darurat, Kementerian Sosial kembali akan memberikan bantuan sosial tunai sebesar Rp.300 ribu setiap bulannya. Menurut laman resminya,Kemensos berencana memperpanjangnya hingga bulan Agustus sehingga total dana yang akan diterima masyarakat sebesar Rp.600 ribu.

Terkait waktu pembagian, Mensos Tri Rismaharini mengatakan BST akan dicairkan pada pekan ini.

2.Bansos Beras
Rabu (14/7/2021) Pemerintah Pusat seperti dituturkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam siaran persnya telah memberi beras sebanyak 10 kilogram (kg) bagi penerima Bantuan Sosial Tunai (Bansos Tunai/BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Beras sendiri didistribusikan langsung oleh TNI dan Polri di seluruh lokasi tempat tinggal warga kurang mampu.

3.BPNT
BPNT atau lebih dikenal dengan kartu sembako kuartal III akan jatuh pada bulan Juli ini. Sama seperti kuartal I dan II, masyarakat penerima akan menerima bantuan sebesar Rp.200 ribu per bulan.

Terkait jumlah penerimanya, laman resmi presidenri.go.id mencatat ada 18,8 juta penerima.

4.PKH
Bantuan dana PKH juga pada kuartal III dipercepat oleh Kemenkeu. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penyaluran dana PKH akan diberikan selama tiga bulan sekaligus pada Juli ini. Percepatan PKH untuk kuartal III ini dilakukan guna memberi bantalan bagi masyarakat rentan selama pelaksanaan PPKM Darurat.

Pemerintah memberikan bantuan PKH untuk masyarakat rentan sesuai dengan indeks bantuan atau kebutuhan. Untuk keluarga yang memiliki anak usia dini dan ibu hamil, dana yang diberikan sebesar Rp3 juta.Sementara, Rp900 ribu untuk kategori pendidikan anak SD, Rp1,5 juta untuk pendidikan anak SMP, Rp2 juta untuk pendidikan anak SMA, penyandang disabilitas dan lansia Rp2,4 juta.

5.BLT Dana Desa
Tak hanya PKH, Sri Mulyani dalam siaran persnya beberapa waktu lalu juga akan mempercepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, di tengah penerapan PPKM Darurat.Sri mengatakan bahwa BLT Dana Desa akan disalurkan sekaligus untuk 3 bulan di bulan Juli ini. Sekedar informasi, BLT Desa diberikan kepada kelompok rentan dan miskin sebesar Rp.300 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM) setiap bulannya.

” Dengan demikian para penerima BLT Dana Desa akan mendapat bantuan Rp.900 ribu sekaligus,” tutup Sri Mulyani.(Hs.Foto.Istimewa)

 

Related posts