Bersama HMI, Menparekraf yakin Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bisa Kembali Bangkit

Jakarta,Gpriority – Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas, sehingga potensial menjadi agen perubahan pada sektor parekraf di masa pandemi COVID-19 agar menjadi lebih baik lagi. Berbekal alasan itulah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara Webinar Bincang Gema Nusantara PP HMI yang bertajuk ‘Masa Depan Pariwisata Indonesia di Masa Pandemi COVID-19’, pada Rabu (14/7), mengajak Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) untuk bersama-sama membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di masa pandemi COVID-19.

“Hari ini kita bersama dengan rekan-rekan HMI akan melakukan kolaborasi. Kita ingin mendorong teman-teman HMI menjadi agen perubahan, agen CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), agen menghadirkan pariwisata era baru yang lebih bersih, lebih sehat, lebih selamat, dan juga lebih berkelanjutan,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga juga mengajak HMI turut membantu mengembangkan desa wisata. “Saya yakin dengan HMI kita bisa mengembangkan desa wisata, karena ada pendampingan SDM dari anak-anak HMI yang selain aktivis juga banyak yang berwirausaha, dan ketokohan HMI tidak diragukan. Ketokohan itu di HMI sangat penting,” ujarnya.

Sandiaga dalam kesempatan itu juga menyampaikan ada tiga pilar utama dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif yaitu dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Inovasi diantaranya dengan pendekatan 360 derajat dan big data. Adaptasi melalui penerapan protokol CHSE. Dan didukung kolaborasi dengan seluruh stakeholder. Sehingga, nantinya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Wisnu B. Tarunajaya yang turut mendampingi Sandiaga menyampaikan harapannya agar HMI bisa turut serta dalam memajukan sektor parekraf. “HMI mudah-mudahan ke depan selalu turut memajukan sektor parekraf terutama mendukung desa wisata,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pariwisata dan Kebudayaan PB HMI Sanipar, menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf atas kepercayaannya terhadap HMI untuk membantu memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya berharap kita dapat bersama-sama membantu pemerintah untuk mendorong sektor parekraf ini untuk menjadi lebih baik,” ujarnya. (Hs.Foto.kombik Kemenparekraf)

Related posts