Beberapa Makanan untuk Menumbuhkan Imun, Cek ada Coklat Hitam

Imunitas atau sering juga disebut kekebalan tubuh, merupakan pertahanan tubuh dalam menghadapi kuman-kuman dan virus berbahaya termasuk Covid-19.

Berbekal alasan itulah mulai 13 Januari 2021, Pemerintah Indonesia melakukan vaksinasi kepada seluruh rakyatnya.

Selain vaksinasi ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan imunitas di dalam tubuh kita.Menurut Times of India ada 9 jenisnya. Berikut 9 makanan yang dimaksud:

1.Cokelat Hitam
menurut ahli gizi Busra Mutlu, kakao yang ditemukan dalam dark chocolate atau cokelat hitam mengandung senyawa fenolik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dia mengatakan cokelat hitam sama baiknya dalam melawan flu biasa maupun Covid-19, terutama karena zinc yang dikandungnya dan kandungan gulanya yang rendah.

Untuk itulah Mutlu menyarankan agar mengkonsumsi cokelat hitam termasuk, penderita diabetes, asalkan makannya tidak berlebihan.

2.Brokoli
Brokoli memiliki kandungan fitokimia serta vitamin A, C, dan E yang tinggi, brokoli dapat memperkuat sistem imun. Selain itu, ada juga kandungan antioksidan, magnesium fosfor, seng, dan zat besi.

3.Teh Hijau
Karena mengandung banyak antioksidan, teh hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga sistem imun tubuh bisa meningkat. Tak hanya itu, efek antibakteri yang dimiliki teh hijau juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut seseorang.

4.Bawang Putih
Bawang putih manjur digunakan untuk meningkat daya tahan tubuh karena memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan, bawang putih mampu melawan gejala flu dan batuk. Tak hanya itu, rempah untuk daya tahan tubuh ini juga bisa memproduksi sel imun untuk melawan infeksi virus dan bakteri.

5.Makanan Fermentasi
Makanan fermentasi adalah makanan yang dibuat melalui proses pendiaman yang melibatkan bakteri dan ragi untuk memecah gula dalam makanan tersebut.

Proses fermentasi meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik. Studi menunjukkan, probiotik merupakan kunci pencernaan yang sehat, meningkatkan kekebalan tubuh sehingga menjadi kuat, dan penurunan berat badan yang signifikan.

6.Almond
Sebagai salah satu jenis kacang –kacangan yang paling lezat, almond dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Menurut penelitian, kacang almond juga mengandung nutrisi sehat yang dapat membantu meningkatkan daya ingat, kecerdasan dan mengurangi risiko diabetes dan serangan jantung.

7.Jahe
Jahe yang merupakan bumbu dapur ternyata memiliki manfaat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, sistem pencernaan, melawan peradangan, serta obat tradisional untuk pilek dan mual.

8.Pepaya
Pepaya kaya vitamin C, dan bahkan menyediakan dua kali lipat asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Sehingga, sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan makan buah ini, serta mampu bertahan dari semua jenis infeksi.

9.Kunyit
Kunyit juga mengandung curcumin yang merupakan zat antioksidan yang dapat menjaga struktur dan fungsi sel. Dalam dunia pengobatan tradisional dan herbal, kunyit digunakan untuk mengatasi konjungtivitis, cacar, infeksi saluran pernapasan, hingga penyakit hati.(Hs)

Related posts