Belimbing Wuluh, Buah Berkekuatan Listrik

Tahukah Anda bahwa selain untuk memasak belimbing wuluh juga bisa menghasilkan tenaga listrik.

Adalah Sunarto warga Desa Nguntoronadi, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang menemukannya.

Dilansir dari Kementerian ESDM beberapa waktu yang lalu,Belimbing wuluh yang tumbuh subur di pekarangan rumahnya disulap menjadi zat pengurai yang mampu menghasilkan tenaga listrik alternatif di tengah keluhan warga atas naiknya tarif dasar listrik (TDL) sejak awal Juli lalu.

“Pengembangan tenaga listrik dari larutan belimbing wuluh ini berawal dari rasa prihatin atas tarif dasar listrik yang terus naik. Apalagi, masih banyak warga Indonesia di daerah pedalaman yang belum tersentuh listrik,” kata Sunarto.

Lebih lanjut dikatakan Sunarto, untuk menciptakan tenaga listrik, dirinya menghaluskan belimbing wuluh hingga keluar airnya. Air tersebut disuntikkan ke dalam tanah yang sudah ditaruh dalam gelas bekas air mineral.

Selanjutnya, masing-masing gelas berisi tanah bercampur sari air belimbing ini dihubungkan dengan rangkaian kawat lempengan tembaga dan seng guna mengalirkan arus listrik. Tak lama kemudian energi listrik berkekuatan 5 volt pun tercipta.

” Kenapa bisa terjadi seperti itu, karena belimbing wuluh memiliki tingkat keasaman tinggi hingga dapat mengantarkan ion dan elektron yang ada pada lempengan tembaga dan seng sehingga terciptalah arus listrik,” tutup Sunarto.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts