BI Gandeng Raja Ampat Perkenalkan Teknologi Ekonomi Digital di Raja Ampat e-Festival

Raja Ampat,Gpriority-Guna meningkatkan pariwisata di Raja Ampat, mengembangkan infrastruktur, memperlancar proses implementasi teknologi ekonomi keuangan digital di Provinsi Papua Barat, serta membangun awareness masyarakat terhadap upaya percepatan transformasi digital dalam mendukung ekosistem ekonomi dan keuangan digital, Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Raja Ampat menggelar kegiatan Raja Ampat e-Festival dengan tema “Voyage to Digital Community”.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari (28-29 Juni 2021) ini dihadiri segenap tamu undangan termasuk Bupati Fakfak Untung Tamsil dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang hadir secara virtual.

Dalam sambutannya secara virtual pada 28 Juni 2021, Ma’ruf Amin mengatakan,” Berkaitan dengan gerakan bangga berwisata di Indonesia, saya mengajak kita semua untuk berkunjung ke Raja Ampat, karena Raja Ampat tersohor di nusantara sebagai salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan bentang alam dan bahari yang indah. Alam bawah lautnya pun menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia.”

Ma’ruf Amin juga meminta kepada Pemda Raja Ampat dan Pemprov Papua Barat untuk membangun sentral-sentral suvenir khas kearifan lokal yang sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan pasar. Tak ketinggalan, kata dia, destinasi-destinasi wisata dengan fasilitas ramah Muslim.”Baik fasilitas penginapan maupun restoran harus memberikan kenyamanan bagi wisatawan Muslim yang berkunjung ke kabupaten Raja Ampat maupun Papua Barat pada umumnya,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf Amin juga mengatakan, untuk mendukung destinasi pariwisata di Raja Ampat, Pemerintah Pusat telah membangun infrastruktur tol laut, sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Raja Ampat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia provinsi Papua Barat, Rut W. Eka Trisilowati dalam sambutannya menjelaskan, teknologi digital telah hadir mempengaruhi perekonomian, mengubah pola transaksi masyarakat, serta menyebabkan disrupsi cara-cara konvensional termasuk pada sektor keuangan.

” Di tengah tantangan pandemi COVID-19, teknologi digital dipandang sebagai suatu solusi yang krusial dan mendasar untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional serta berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi yang kuat, seimbang, inklusif dan berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan infrastruktur dasar, seperti ketersediaan listrik, jaringan telekomunikasi dan transportasi serta dukungan kuat SDM untuk mengimplementasikan ekonomi dan keuangan digital,” ujar Rut W. Eka Trisilowati.

Rut dalam sambutannya juga menjelaskan, dalam rangka mendorong pembentukan ekosistem ekonomi digital di Provinsi Papua Barat, memperkuat sinergi antara Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat dengan kementerian/lembaga yang berwenang, serta mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan program Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), maka Bank Indonesia menggelar kegiatan Raja Ampat e-Festival tersebut. Rut berharap dengan adanya festival ini perekonomian Raja Ampat menjadi cepat pulih kembali.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati (AFU) dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia karena mau menggelar acara ini.

AFU yakin dengan adanya acara ini Papua Barat khususnya Raja Ampat akan semakin maju di dunia perekonomian digital.

Sekedar informasi, selain memperkenalkan pariwisatanya, Kegiatan Raja Ampat e-festival yang digelar di Gedung Pari diisi dengan kegiatan launching coklat produk kabupaten Manokwari Selatan, Launching Aplikasi QRIS transaksi digital bagi sembilan Destinasi wisata Raja Ampat, talk show dengan tema menunju kemandirian ekonomi tanah Papua Barat dan fashion show batik khas Papua Barat.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts