BPPT Perkenalkan BPRO Sebagai Alat Cepat Rapid Antigen

Jakarta,Gpriority-Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia membuat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan Covid-19 (TFRIC-19) dan ProLINE Diagnostics berkolaborasi menciptakan produk terbaru inovasi teknologi alat kesehatan berupa alat tes cepat antigen untuk deteksi dini Covid-19 yang bernama BPRO.

Menurut Kepala BPPT Hammam Riza dalam Bincang Sehat TFRIC-19 Next Generation “Isoman Cerdas, Upaya Efektif Hadapi Gelombang COVID-19″ yang digelar secara virtual pada Kamis (15/7/2021), meski masih dalam tahap registrasi di Kemenkes dan persiapan uji validasi eksternal ,BPRO diyakini bisa menjadi pendeteksi cepat Covid-19. ” Dengan demikian langkah pemerintah pusat memutus mata rantai Covid-19 sekaligus menurunkan angka Covid-19 bisa tercapai,” jelas Hammam.

Lebih lanjut dikatakan Hammam, selain BPRO yang dikembangkan dari antibodi protein N (Nucleocapsid) virus korona penyebab Covid-19, BPPT juga memperkenalkan inovasi lainnya yakni teknologi pengayaan gizi vitamin dan mineral dalam pangan pokok beras.

“Beras terfortifikasi adalah beras yang di dalamnya ditambahkan mikronutrien, guna meningkatkan kualitas makanan dan mengurangi masalah kesehatan penduduk,” tegas Hamman.

Hammam berharap dengan adanya inovasi ini daya tahan tubuh masyarakat Indonesia bisa makin membaik dikarenakan gizi dan nutrisinya terpenuhi.(Hs.Foto.dok.BPPT)

Related posts