Strategi Jitu Bupati Minahasa Utara Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan

Pandemi Covid-19 berdampak pada sektor pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini disampaikan oleh Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda.

Namun, Joune mengaku tidak akan berdiam diri dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada. Hadir dalam Forum Investor Dailly Summit 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (15/7/2021). Joune membeberkan strategi-strategi untuk pengembangan pariwisata membangun ekonomi di Kabupaten Minahasa Utara.

Empat strategi pengembangan pariwisata, pertama Pemkab Minahasa Utara akan mendatangkan Investasi Modal dan membuka kesempatan yang luas untuk investasi dari luar negeri. Salah satu kegiatan yang sudah dilakukan adalah pada bulan April 2021 Pemkab Minahasa Utara menggelar Likupang Duathlon. Pariwisata Likupan juga menjadi destinasi pariwisata superioritas yang ditetapkan pemerintah pusat.

Kedua, Pemkab juga mendorong percepatan ketersediaan infrastruktur dan fasilitas penunjang. Joune mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr) yang telah membangun sekitar 250 homestay di desa-desa wisata di Minahasa Utara.

Pengembangan sektor pariwisata juga dilakukan melalui edukasi dan pelatihan kepada masyarakat.

Ketiga, Pemkab Minahasa Utara Juga turut mengambil bagian dalam sosialisasi clean, health, safety dan environment CHSE.

Keempat, Pemkab mendorong sektor pertanian sebagian bagian untuk mendorong pengembangan sektor pertanian. “Local food kami begitu bagus sehingga menjadi bagian dalam mengembangkan pariwisata yang ada di kabupaten Minahasa Utara,” ujar Joune.

Dengan berbagai strategi tersebut, Joune berharap kontribusi sektor pariwisata dapat mengentaskan kemiskinan dan turut meningkatkan ekonomi di berbagai bidang,salah satunya bidang pariwisata.(Sof.Foto.dok.IDF)

Related posts