Buka Festival Montunu Hulu 2024, Pj. Bupati Morowali Ajak Masyarakat Bergerak Cepat dan Bekerja Ikhlas

Morowali, GPriority.co.id – Penjabat (Pj) Bupati Morowali, Ir.H.A.Rachmansyah Ismail, M.Agr.,MP. Membuka secara resmi Festival Montunu Hulu Tahun 2024. Dalam sambutannya, Rachmanyah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergerak cepat dan Ikhlas untuk Morowali lebih hebat.

“Melalui momentum festival dan ramadhan kali ini, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergerak cepat bekerja ikhlas dalam rangka menyelesaikan tanggung jawab sebagai pemerintah dan masyarakat untuk Morowali lebih hebat,” kata Rachmansyah dalam sambutannya di Alun-Alun Sangiang Kinambuka, Bungku Tengah, Morowali, Rabu (3/4) malam

Perlu diketahui, Montunu Hulu adalah tradisi Bungku yang sudah dilakukan sejak beratus tahun yang lalu. Dimana saat ini budaya tersebut sudah mulai ditinggalkan. Montunu Hulu adalah tradisi masyarakat Bungku yang dilakukan pada tiga malam terakhir Bulan Ramadan yang diyakini malam turunnya Lailatul Qadar.

Menurut Rachmansyah pelaksanaan festival Montunu Hulu merupakan upaya pengembangan dan pelestarian untuk menumbuhkan rasa memiliki terhadap kearifan lokal daerah, khususnya pada generasi muda.

“Bahwa tradisi montunu hulu dapat dimaknai sebagai tradisi masyarakat “TO BUNGKU” yang menyimbolkan upaya membakar seluruh kehinaan dan kejelekan dari setiap diri kita melalui momentum Bulan suci Ramadhan yang saat ini sementara kita jalani bersama,” ujarnya.

Kegiatan berlangsung aman dan tertib dengan pembakaran obor bersama-sama oleh Pj Bupati Morowali, Sekda Morowali dan Forkopimda sebagai tanda resminya pembukaan Festival Montunu Hulu.

Tidak hanya itu, kegiatan dirangkaikan dengan penampilan kesenian dan permainan tradisional serta dilakukan penyerahan bantuan alat musik tradisional Ndengu-ndengu untuk sekolah. Musik Ndengu-ndengu merupakan kekayaan Intelektual Komunal Ekspresi Budaya Tradisional masyarakat Bungku yang tercatat di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Morowali, Drs.Yusman Mahbub, M.Si, Wakil Ketua TP-PKK Morowali, Dr.Hj.ST Asma Ul Husna Syah, SE.,MM.,M.Si, Unsur Forkopimda, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng Rachman Ansyari, Para asisten dan staf ahli Setkab Morowali, Pejabat teras Pemda Morowali, dan seluruh masyarakat dan insan pers.

Foto: Pemkab Morowali