Bupati Bangka Tengah Dorong Potensi Pertanian Bawang Merah

Bangka Tengah,Gpriority- Pondok Pesantren Al-Muhajirin dan UMKM di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hilisasi Produk Olahan Bawang Merah, Selasa (16/11/21).

Hilirisasi merupakan proses mendekatkan hasil riset dan inovasi kepada penggunanya, yaitu masyarakat. Kegiatan yang digelar oleh Bank Indonesia tersebut mendapat dukungan dari Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T.

“Ini merupakan support dari Bank Indonesia untuk Bangka Tengah, kami sangat berterima kasih dengan perhatian Bank Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan Bimtek ini, bukan hanya sekadar menanam bawang tetapi juga bagaimana kita mengelola bawang merah ini,” ujarnya.

Bupati menuturkan, para peserta akan diberikan bimbingan oleh narasumber yang sudah berhasil menghasilkan produk-produk olahan bawang merah dari Cirebon. Peserta Bimtek akan diberikan pemahaman dan pembelajaran bagaimana cara pengolahan bawang merah menjadi bahan baku atau barang jadi.

Dengan adanya bimtek tersebut, Ia berharap para peserta dapat mengembangkan dan memahaminya, sehingga bawang merah tidak lagi menjadi barang yang mahal, dan menjadi barang yang mudah dikelola terutama UMKM dalam mengembangkan produknya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Tantan Heroika S menegaskan sasaran kali ini adalah pesantren, alasannya untuk mendorong ekonomi syariah yang meruooakan keutan ekonomi baru.

“Ekonomi keuangan syariah juga merupakan kekuatan ekonomi baru yang perlu terus didorong karena pangsa pasarnya yang besar. Jangan sampai negara lain yang mau memanfaatkan pasar-pasar ekonomi keuangan syariah ini,” tegasnya. (Dw.foto.dok. Humas Bangka Tengah)

Related posts