Cat Lovers Wajib Tau Cara dan Syarat Adopsi Kucing

Jakarta, GPriority.co.id – Mengadopsi hewan dari shelter untuk dijadikan peliharaan harus memahami cara dan syarat yang berlaku, termasuk mengadopsi kucing.

Hewan berbulu dan menggemaskan ini disukai oleh banyak orang sebab sifatnya yang bersahabat dan penurut.

Jika cat lovers adalah seorang pemula yang ingin memiliki hewan peliharaan, maka lebih baik untuk mengadopsi daripada membeli. Aktivitas adopsi sendiri dilegalkan dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun ada cara dan syarat ketentuan yang wajib dipahami dan dilakukan sebelum mengadopsi kucing dari shelter.

Cara dan Syarat Adopsi
1.Rencanakan Dengan Matang
Hal yang sangat mendasar dan yang paling awal adalah perencanaan adopsi kucing perlu diperhitungkan. Cat lovers ingin mengadopsi kucing dengan ras apa, jenis kelamin apa, dan usia berapa. Langkah ini mempermudah cat lovers untuk memperoleh informasi yang telah dikategorikan sendiri. Tak hanya itu, cat lovers juga perlu memilikirkan rencana jangka panjang selama merawat kucing yang cat lovers miliki dengan baik.


2.Mencari Informasi
Lalu selanjutanya yang perlu dilakukan adalah mencari informasi terkait shelter terdekat yang menyediakan adopsi kucing. Banyaknya situs dan web shelter saat ini dapat memudahkan cat lovers untuk mendapatkan informasi yang butuhkan.

Tidak sedikit dari shelter yang juga memajang informasi terkait jenis kucing apa saja yang meraka miliki dilaman website mereka. Kemampuan mengulik informasi secara teliti perlu dilakukan oleh para adopter.

3.Hubungi dan Kunjungi Shelter
Langkah ketiga ini dapat dilakukan apabila sudah menemukan kucing yang cat lovers inginkan tersedia di shelter tersebut. Mengunjungi shelter secara langsung juga membantu cat lovers mendapatkan informasi lebih selain dari website yang sebelumnya sudah cat lovers peroleh. Tidak ada salahnya cat lovers sebagai calon orang tua asuh kucing memastikan segalanya secara langsung.

4.Memahami Syarat yang Ditentukan oleh Pihak Shelter
Adopsi kucing melalui shelter tidak dilakukan sembarangan. Perlu adanya kerjasama kedua belah pihak dalam menyetujui syarat dan ketentuan tertulis yang ditetapkan oleh pihak shelter.

Biasanya syarat dan ketentuan tersebut merupakan standarisasi umum dalam proses adopsi yang ditetapkan oleh shelter. Kriteria syarat adopsi tiap shelter pun berbeda-beda. Maka dari itu kecermatan adopter dalam memahami syarat dan ketentuan sangat dibutuhkan.

5.Mengisi Formulir
Para adopter wajib hukumnya untuk mengisi formulir dengan sebenar-benarnya. Hal ini berfungsi untuk mempermudah pihak shelter untuk melakukan peninjauan sewaktu-waktu.

6.Menandatangani Surat Perjanjian
Jika semua persyaratan sudah dilakukan dan merasa mampu menyetujuinya, maka langkah terakhir sebelum membawa pulang kucing adalah menandatangani surat perjanjian.

Begitu cat lovers, cara dan syarat adopsi kucing. Langkah tersebut dapat diterapkan dengan baik. Kecukupan informasi yang cat lovers miliki sangat membantu dalam proses adopsi kucing. (Gs)

Related posts