Cuan Ngalir Terus, Ini 8 Ide Pendapatan Pasif yang Bisa Diterapkan

Jakarta, GPriority.co.id – Masyarakat ditahun 2022 ini sering memanfaatkan berbagai peluang untuk menghasilkan uang. Bahkan banyak dari kaum muda lebih memanfaatkan keunggulan digitalisasi untuk memperoleh penghasilan tanpa perlu bekerja aktif. Metode tersebut bernama pendapatan pasif atau passive income.

Seperti namanya, passive income atau pendapatan pasif adalah salah satu jenis penghasilan yang diperoleh tanpa harus bekerja secara aktif. Passive income cenderung memanfaatkan harta atau aset yang kamu miliki untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan keuntungan tersebut dapat berlipat ganda saat kamu sedang tidur.

Sebenarnya passive income bukan hanya dapat dilakukan dengan peran digitalisasi, kamu bisa melakukannya asalkan ada wadahnya. Peran digitalisasi menjadi penting saat kamu melakukan kegiatan passive income dengan melalui internet.

Untuk memulai bisnis dengan passive income, setidaknya kamu perlu modal yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Ada banyak pilihan ide passive income yang dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan. Berikut adalah 8 ide passive income menurut akun Instagram @frienchised:

1. Investasi dalam properti sewaan. Manfaatkan properti yang kamu miliki dengan menyewakan kepada orang lain. Kamu bisa mendapatkan penghasilan selama periode yang disepakati kedua belah pihak.

2. Trading invest. Trading invest merupakan metode untuk memperoleh keuntungan material dengan jangka waktu tertentu. Trading invest dilakukan dengan membeli dan menyimpan kumpulan aset.

3. Menyewakan kamar. Menyewakan kamar hampir sama dengan investasi properti. Kamu bisa menyewakan ruangan atau kamar dengan harga yang disepakati. Tentunya harga disesuaikan dengan fasilitas yang kamu sediakan.

4. Menjadi konten kreator. Banyak para konten kreator menyalurkan bahkan dan hobinya melalui sosial media. Platform populer seperti TikTok, YouTube, Instagram, dan lainnya menyediakan fasilitas pendapatan yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang cuan para konten kreator. Daari berbagai konten yang telah dibuat, bisa mendapatkan bayaran dari platform tersebut dengan berupa adsense, pay per klik, atau pay per view. Terlebih jika kamu seorang konten kreator terkenal, akan ada peluang untuk menjadi brand ambassador suatu produk.

5. Mengikuti program afiliasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti afiliasi adalah sebuah pertalian dan berhubungan sebagai anggota atau cabang dalam sebuah lembaga atau organisasi.

6. Invastasi dalam royalti income (franchise). Pendapatan yang diperoleh dari hak cipta karya yang telah kamu buat. Misal seperti karya buku, musik, desain, atau kerja sama yang menggunakan merek buatan kamu (franchise).

7. Jual produk digital. Zaman sekarang online shop atau jual beli produk digital sangat populer dikalangan masyarakat. Jelas hal ini menjadi kemudahan bagi semua kalangan untuk melakukan transaksi tanpa harus keluar rumah. Tentunya peluang pendapatan dari hasil jual produk digital dapat dimanfaatkan sebagai passive income. Karena secara teknis kamu tidak perlu ribet buka toko dipasar untuk mendapatkan seorang pembeli, cukup buka melalui platform online shop atau promosi di media sosial pribadi pun cukup.

8. Membuka rekening dengan bunga tinggi. Dengan bunga yang kamu peroleh dalam jangka waktu tertentu dari tabungan di bank, tentunya hal itu akan menjadi pendapatan pasif yang menguntungkan. Tentunya saat kamu membuka rekening bank, perhatikan bunga yang ditawarkan dan kondisi bank yang kamu pilih. Pastikan bunga bank sesuai dengan aturan yang ditetapkan LPS.

Itulah 8 ide untuk mendapatkan penghasilan pasif atau passive income yang dapat kamu lakukan. Sesuaikan kemampuan dan lakukan upaya tersebut agar cuan selalu mengalir ke dompet dan rekening kamu. (Gs)

Related posts