Curug Sawer jadi Andalan Sukabumi

Akhir-akhir ini destinasi alam menjadi tujuan para pelancong. Mengunjungi wisata alam ternyata memberi dampak positif. Cuaca yang dingin membuat tubuh terasa segar. Tempat wisata alam yang sedang trend saat ini yaitu curug. Maka dari itu, Sukabumi adalah kota yang tidak boleh ketinggalan. Kota yang menyimpan banyak keindahan alam, andalannya yaitu Curug Sawer. Curug ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Pengunjung harus berjalan kurang lebih 1,2Km dari gerbang utama. Melewati jalan setapak yang dibuat khusus bagi wisatawan. Banyak spot foto yang tidak boleh ketinggalan. Salah satunya foto di jembatan dengan latar belakang air terjun. Harga tiket masuk sangat terjangkau (weekdays 16.000/weekend 18.500). Harga tersebut belum termasuk Jembatan Suspension Bridge. Lokasi Curug Sawer memang berdampingan dengan wisata lainnya. Jam operasional 07.00-17.00.

Diceritakan bahwa nama Sawer sendiri berasal dari seorang yang sakti. Orang sakti itu sering mengadakan Upacara Saweran di dekat sungai Cipada. Wafatnya pun saat bersemedi di bebatuan. Sampai akhirnya ia menjelma menjadi seekor ular raksasa penunggu Curug Sawer. Di luar dari mitos, lokasi ini memang sering ditemukan beberapa hewan liar penghuni hutan.

Namun ada juga yang mengatakan, bahwa nama Sawer sendiri pemberian dari pengunjung. Cipratan air yang terkena tubuh seolah seperti orang memberi saweran, begitu tutur pengelola saat memberi alasan. Pengelola Curug Sawer sangat membantu para wisatawan. Di sana telah tersedia beberapa kedai yang menawarkan makanan, minuman, dan souvenir. Ada pula lahan luas dekat dengan curug sebagai lokasi camping. Terlihat juga toilet-toilet yang cukup bersih, ini merupakan upaya dalam pemberian layanan yang maksimal.

Ayo tunggu apalagi, jangan buang-buang waktu dalam memilih! Segera bergegas dan kunjungilah Curug Sawer bersama orang spesial.(Ega.Foto.dok.pribadi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts