Daftar Makanan Khas Daerah Saat Lebaran, Nomor 5 Favorit Banyak Orang!

Jakarta, GPriority.co.id – Setelah melewati puasa pada bulan Ramadan, lebaran adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh umat islam pada Hari Raya Idul Fitri. Bukan hanya identik dengan kumpul keluarga dan amplop lebaran, tetapi momen ini juga khas dengan makanannya.

Jika umumnya saat lebaran terdapat beberapa makanan khas seperti ketupat dan opor ayam, di berbagai daerah di Indonesia juga memiliki berbagai makanan khas daerah saat lebaran.

Berikut ini daftar makanan khas daerah di Indonesia saat lebaran.

1. Timphan Pisang – Aceh
Makanan khas aceh ini menggunakan bahan pisang raja atau pisang tanduk yang sudah matang, kemudian dikukus setelah dibungkus daun. Setelah itu, pisang diisi dengan adonan dari campuran tepung ketan, gula merah, kelapa parut, serta santan kelapa. Makanan khas ini memiliki cita rasa manis yang bercampur dengan rempah seperti kayu manis, jahe, dan cengkeh.

2. Sokko’ Tumbu – Bugis
Sokko’ Tumbu terdiri dari beras ketan dan santan yang ditaruh pada daun pisang yang dibentuk seperti pipa atau batang bambu, kemudian dimasak dengan cara direbus. Sokko’ Tumbu dimasak selama 4-5 jam. Makanan khas lebaran ini memiliki cita rasa lezat, dan bisa disajikan bersama kue nora dari gula merah.

3. Mangut Lele – Yogyakarta
Pada awalnya, Mangut Lele adalah makanan khas daerah yang hanya disajikan untuk para raja. Namun, saat ini Mangut Lele dijadikan makanan khas daerah Yogyakarta saat lebaran. Seperti namanya, hidangan ini menggunakan ikan lele sebagai bahan utama. Ikan lele tersebut kemudian dibakar atau digoreng dan disiram dengan kuah santan beserta rempah-rempah. Menu lebaran ini paling cocok disantap dengan nasi panas, pete, serta lalapan.

4. Labu Ikan Kuah Kuning – Merauke
Dengan berbahan dasar utama ikan kakap dan labu kuning, hidangan ini juga menggunakan rempah-rempah seperti sereh, jahe, dan asam jawa. Tekstur daging ikan yang lembut dengan bumbu asam-manis, menjadikan hidangan ini paling cocok disantap dengan nasi hangat atau lontong.

5. Rendang Daging – Padang
Di urutan ke-5, ada rendang daging. Walaupun menu ini memang sudah biasa terdapat di restoran padang manapun, namun Rendang juga menjadi ciri khas menu di daerah Padang saat lebaran. Memasak Rendang pun membutuhkan waktu hingga berjam-jam. Selain menggunakan daging sapi, Rendang juga dapat dibuat dalam bentuk daging ayam, paru, jamur, hingga bebek. Saat lebaran, rendang paling cocok disajikan dengan ketupat dan sayur godok.

Foto : Freepik / Sri Widyowati