Dikunjungi Menteri Slovenia, Menlu Retno Bongkar Isu Bilateral hingga Situasi Myanmar

Penulis : Dimas | Editor : Lina F | Foto : Dimas

Jakarta,GPriority.co.id-Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi bertemu Menteri Luar Negeri Slovenia Tanja Fajon di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (25/5).

Kunjungan tingkat menteri kedua dari Slovenia sejak 2006 ini membahas masalah bilateral tentang kerja sama ekonomi yang semakin menguat.

“Kami sangat senang mencatat bahwa perdagangan kami menikmati tren kenaikan sebesar 14,71 persen dalam lima tahun terakhir. Dan tahun lalu, nilai perdagangannya meningkat sebesar 45,4 persen,” kata Retno dalam keterangannya kepada awak media.

Retno mengungkapkan sepakat untuk mengeksplorasi lebih banyak potensi kerja sama perdagangan, seperti pada farmasi, produk tekstil, dan furnitur.

Selanjutnya, Retno membahas masalah kerjasama di sektor Pendidikan melalui beasiswa seni.

“Lebih banyak kolaborasi antara institusi akademik dan pemuda akan didorong antara lain melalui Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia untuk Pemuda Internasional,” pungkasnya.

Selain masalah bilateral, Menteri Fajon dan Menteri Retno telah membahas beberapa masalah regional dan global utama.

“Saya telah berbagi dengan Menteri Fajon tentang Keketuaan Indonesia di ASEAN, situasi di Myanmar, dan juga Indo-Pasifik,” ujar Retno.

Adapun, kamu juga telah membahas promosi agenda Perempuan, Perdamaian dan Keamanan. Dan saya berbagi dengannya tentang upaya kami di Afghanistan, terutama tentang akses pendidikan bagi perempuan.