Dinas Pariwisata Demak Siapkan Simulasi Pembukaan Tempat Wisata

Pemerintah Kabupaten Demak, melalui Dinas Pariwisata (Dinparta) Demak menyusun konsep simulasi pembukaan tempat wisata seiiring dengan ditetapkannya PPKM di Demak menjadi Level 2.

Kadinparta Agus Kriyono mengatakan, tempat wisata yang akan dijadikan sebagai tempat simulasi adalah Wisata Kadilangu. Ia menuturkan persiapan simulasi sudah dilakukan mulai dari berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan, hingga berkordinasi dengan Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah.

“Kami sudah lakukan koordinasi dengan teman-teman yang ada di sana, termasuk pedagang, masyarakat, supaya mereka juga paham dan tahu bahwa akan ada dilakukan simulasi persiapan untuk PPKM level 2, dari sektor pariwisata,” Selasa (31/08/21).

Untuk jadwal simulasi, pihaknya masih menunggu perizinan dari provinsi, pimpinan dan Satgas Covid-19 terkait kapan waktu dan tempatnya. Dan juga perihal jumlah persentase pengunjung yang diizinkan masuk, pihaknya masih harus berkoordinasi dengan berbagai stakeholder yang ada.

Sementara itu, akan ada 3 pos yang akan didirikan dalm konsep simulasi, yaitu pertama pos retribusi, kedua pos transit bagi mereka yang belum vaksin, dan ketiga pos pemeriksaan suhu tubuh di pintu lokasi wisata.

“Pos pertama, nanti di situ pengunjung yang datang menggunakan bus akan kita screening. Khusus bagi teman-teman yang sudah melakukan vaksin, akan kami persilahkan untuk melanjutkan perjalanan sampai ke lokasi ziarah,” katanya.

Namun bagi mereka yang belum divaksin, akan disiapkan tempat transit yang ada di lokasi pos ke dua. Agus menuturkan bahwa masyarakat yang belum divaksin belum diperboleh kan untuk masuk. Selanjutnya, setelah lolos screening pengunjung diminta untuk cuci tangan di tempat yang telah di sediakan. Sampai pada pos ke tiga pemeriksaan di pintu masuk lokasi ziarah.

Lebih lanjut Agus menghimbau kepada masyarakat yang ingin berziarah ke Makam Sunan Kalijaga Kadilangu, untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. (Dwi.foto.dok.Istimewa)

Related posts