FOYER DAN FASAD

Foyer

Foyer adalah ruang transisi di dalam rumah, letaknya berada didepan pintu masuk utama rumah. Area pertama yang menjadi tempat keluar masuknya orang dan posisinya sebelum ruang tamu fungsinya sebagai penghubung area luar dan area dalam tetapi posisinya didalam. Itu sebabnya sangat penting mendesign foyer agar menarik dan cantik.

Banyak orang beranggapan bahwa Foyer dan teras sama padahal teras jelas berada di luar rumah sedangkan Foyer berada di dalam rumah. Jika di gedung atau perkantoran kamu dapat menemukan foyer di lobby, hall dan sejenis lainnya.

Adanya foyer biasanya untuk rumah-rumah dengan ukuran besar karena fungsi foyer sendiri bukan kebutuhan primer dalam mendesign sebuah rumah. Foyer juga berfungsi sebagai ruang tambahan yang mampu mempercantik rumah dan menambah nilai estetika bagi penghuninya.

Fungsi lainnya Foyer sebagai airlock (semacam penghambat agar udara dingin dari luar tidak langsung menerobos ke ruang dalam). Sekaligus menjadi ruang tempat meninggalkan jaket, coat, jas hujan, payung, dan topi. Jika lahan rumah anda cukup memungkinkan tidak ada salahnya sisakan area untuk sebuah foyer. #Lang

Fasad

Fasad atau façade berasal dari bahasa Prancis, yang secara harfiah berarti “depan” atau “muka”. Nah, dalam bahasa Latin kata Faccia memiliki arti wajah.
Fasad adalah suatu sisi luar sebuah bangunan, umumnya yang dimaksud adalah bagian depan, tetapi kadang-kadang juga bagian samping dan belakang bangunan.
Dari makna kata tadi sebenarnya kita dapat mengartikan fasad bangunan atau rumah sebagai wajah dari bangunan itu sendiri. Bisa juga dianggap sebagai tampak luar atau depan bangunan. Oleh sebab itu, fasad merupakan elemen pertama yang dapat dilihat dan dinilai oleh orang lain dari luar bangunan. Fasad juga bagian pertama yang dapat menunjukkan karakter, kesan, keunikan, serta keindahan bangunan.
Fasad rumah tinggal dapat mencerminkan karakter si pemilik rumah bagi orang-orang yang melihat, bahkan tak jarang setelah melihatnya kemudian akan mencermati meskipun hanya dalam waktu sesaat sebelum memasuki rumah tinggal tersebut. Selain itu dengan media Fasade ini bisa didapatkan sebuah gambaran terhadap fungsi–fungsi ruang yang ada dibaliknya atau didalamnya.
Fasad akan memberi kesan pertama bagi siapa pun yang melihatnya. Fasad gedung Gotik memberi kesan berat, manis dan harmonis didapat dari fasad Pantheon Yunani, fasad sebuah country house terasa akrab dan hangat Begitu seterusnya kesan yang didapat dari fasad.
Fasad Bangunan adalah bagian yang sangat penting dari sebuah karya arsitektur, karena elemen ini merupakan karakter dari sebuah karya Arsitektur. Dengan demikian akan menjadi sangat jelas bahwa Fasade atau tampak depan suatu bangunan merupakan unsur yang sangat penting dan tidak bisa dihilangkan dari sebuah produk desain arsitektur. #Lang

Related posts