Ini Penyebab Kelopak Mata Menjadi Bengkak

Pernahkah mengalami kejadian kelopak mata bengkak? Hmm, pasti pernah dan rasanya sangat menyebalkan karena bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman di area mata, sekaligus mengurangi rasa percaya diri.

Lalu apa yang menjadi penyebabnya? Menurut laman hellosehat.com, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mata menjadi bengkak.

1.Alergi Mata
Alergi mata bisa disebabkan oleh debu, angin, atau serbuk sari bunga yang mengenai mata. Alergi mata tidak hanya menimbulkan bengkak, namun terkadang disertai dengan gejala-gejala lain, seperti bersin, hidung tersumbat, serta mata terasa gatal.

2.Kalazion
Kalazion merupakan pembengkakan pada kelopak mata yang menyerupai bintitan. Namun, biasanya ukuran bengkak pada kalazion sedikit lebih besar dan terasa lunak bila disentuh.

Selain itu, apabila bintitan jika disentuh terasa sakit, kalazion justru sebaliknya yakni tidak menimbulkan rasa sakit. Menurut Hellodokter, Kalazion disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak pada kelopak mata, sehingga menimbulkan bengkak.

3.Bintitan
Bintitan adalah benjolan bengkak yang muncul di sudut kelopak, tengah-tengah kelopak, atau bahkan kelopak bawah mata Anda. Benjolan tersebut biasanya berisi nanah menyerupai jerawat dan terasa sakit bila disentuh.Bintitan disebabkan oleh infeksi bakteri staphylococcus yang menyerang kelenjar minyak di dalam kelopak mata. Selain bengkak pada kelopak, mata Anda akan memerah dalam beberapa waktu.Untungnya, bintitan adalah kondisi yang biasanya akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari atau seminggu.

4.Blefaristis
Blefaristis adalah peradangan pada kelopak mata. Kondisi ini umum ditemukan pada orang-orang dengan kulit berminyak, berketombe, atau menderita rosacea.

Blefaritis dapat menyebabkan gejala-gejala seperti mata merah, membengkak, timbul sensasi terbakar, serta terasa sakit.Hampir serupa dengan bintitan dan kalazion, blefaritis juga disebabkan oleh adanya bakteri. Bedanya, bakteri tersebut biasanya berkembang di dasar bulu mata, sehingga akan menimbulkan serpihan-serpihan yang menyerupai ketombe.

5.Infeksi mata
Infeksi mata disebabkan oleh bakteri staphylococcus, streptococcus yang terbawa oleh debu. Infeksi ini dapat menyebabkan timbulnya pembengkakan dan kemerahan di kelopak serta bagian putih (sklera) mata Anda. Tidak hanya bengkak, infeksi juga dapat menimbulkan rasa sakit di sekitar kelopak mata Anda.

6.Kanker Mata
Penyebab lainnya adalah kanker mata. Selain pembengkakan kelopak, ciri-ciri lainnya adalah kemampuan melihat menurun, penglihatan kabur, serta adanya floater atau bercak-bercak yang seolah mengikuti ke mana pun Anda melihat

7.Selulitas Orbital
Selulitis orbital adalah infeksi yang menyerang orbital septum, sebuah jaringan tipis yang memisahkan kelopak mata dan kantung mata.Gejala yang ditimbulkan dari selulitis orbital berupa pembengkakan mata, kemerahan, serta rasa sakit. Bengkak biasanya dapat timbul di kelopak mata bagian atas maupun bawah.Kondisi ini memerlukan penanganan medis segera karena tergolong dalam infeksi yang cukup serius.

8.Graves
Penyakit graves atau lebih dikenal autoimun timbul akibat sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang kelenjar tiroid yang terletak di leher. Akibatnya, penyakit ini menimbulkan gejala yang menyerupai gondok, yaitu pembengkakan di leher.

Namun, penyakit Graves ternyata tidak hanya memengaruhi leher saja. Sistem kekebalan tubuh juga dapat menyerang otot dan jaringan lemak di sekitar mata, menyebabkan mata bengkak.

Selain pembengkakan pada mata, penyakit ini juga bisa menyebabkan peradangan yang meningkatkan tekanan pada bola mata. Pembengkakan dan peradangan yang terjadi juga turut melemahkan fungsi otot-otot penggerak mata yang disebut otot ekstraokular. Gejala-gejala seperti penglihatan ganda dan bola mata menonjol juga bisa terjadi.

Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak

Untuk kelopak mata bengkak akibat alergi, Kalazion, bintitan,blefaristis, dan infeksi mata bisa dilakukan dengan membilas mata dengan air bersih,mengompres dengan handuk yang sudah dibasahi air, obat tetes mata, melepas lensa kontak (jika memakainya) dan Ketika tidur, tinggikan kepala Anda agar tidak ada air yang menumpuk di sekitar mata.

Namun jika pembengkakan kelopak mata dikarenakan penyakit graves,selulitas orbital, dan kanker mata, maka cara mengatasinya harus berobat ke dokter, sehingga bisa diatasi dengan segera.(Hs)

Related posts