Gerakan Menuju 100 Smart City

Jakarta,Gpriority-Gerakan Menuju 100 Smart City sendiri telah dimulai sejak tahun 2017, yang kala itu melibatkan 25 kota/kabupaten. Tahun ini, terpilih 50 kota/kabupaten yang akan disusul 25 kota/kabupaten lainnya di tahun 2019 nanti.

Pemilihan 100 kota/kabupaten ini sendiri berdasarkan berbagai faktor. seperti Kondisi Keuangan Daerah, Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (data Depdagri), serta lndeks Kota Hijau (versi Kementerian PUPR).

Bahan pertimbangan lain adalah kesiapan daerah yang diukur dari visi kepala daerah, kelengkapan infrastruktur, regulasi. dan SDM yang mengacu pada konsep pemerataan dan Nawa Cita.

Gerakan Menuju 100 Smart City sendiri adalah gerakan yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika dan didukung oleh Departemen Dalam Negeri, Bappenas, Kementerian PUPR. Kantor Staf Kepresidenan. Departemen Keuangan, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Sedangkan tim ahli terdiri dari akademisi dan praktisi dari UI, ITB. UGM, Perbanas. BPPT. INSW, KTII. dan Citiasia.

Untuk menentukan 50 kabupaten/kota yang terpilih dalam menyusun rencana induk (master plan) pembangunan berbasis smart city, 100 kabupaten/kota yang diundang melakukan persentasi di hadapan dewan juri.

Dan Jum’at pagi (14/12) seperti yang dituturkan Rikard Bangun Ceo kG Group dalam Closing Ceremony yang berlangsung di Nusantara Hall ICE BSD, Tangerang, pihak penyelenggara mengumumkan 50 kota/kabupaten yang terpilih dalam menyusun rencana induk (master plan) pembangunan berbasis smart city.

Dengan tersusunnya rencana induk ini. pemerintah kota/kabupaten memiliki rencana berbasis teknologi yang terarah dalam menjawab tantangan dan peluang yang dihadapi masing-masing daerah.
Untuk mengapresiasi keberhasilan tersebut. Pemerintah RI memberikan penghargaan kepada 50 kota/kabupaten tersebut. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika. Rudiantara serta dihadiri kementerian terkait.

Inilah 50 kabupaten/kota peraih Penghargaan:
Kota Sibolga, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kota Binjai, Kota Cimahi, Kota Denpasar, Kota Manado, Kota Mataram, Kota Medan, Kota Padang Panjang,Kota Padang, Kota Palembang, Kota Pekalongan, Kota Pekanbaru, Kota Pontianak, Kota Probolinggo, Kota Surakarta, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Batang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Blora, Kabupaten Bogor, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Jember, Kabupaten Jepara, Kabupaten Kendal, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Langkat, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Magelang, Kabupaten Morowali. Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Pati, Kabupaten Solok,Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Tuban.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment