Hari Ini! Lebaran Tenabang 2024 Resmi Dibuka, Hadirkan Pertunjukan Budaya Betawi

Jakarta, GPriority.co.id – Acara tahunan, Lebaran Tenabang 2024 resmi digelar hari ini, Sabtu (11/5). Dengan menampilkan ragam budaya Betawi, Lebarannya warga Tanah Abang ini dimanfaatkan untuk mengenalkan budaya khas Jakarta.

Terdapat beragam acara yang ditampilkan seperti Palang Pintu, Musik hingga pertunjukan budaya Betawi.

Dilansir Antara, salah satu tradisi masyarakat Betawi, palang pintu, menjadi pembuka acara tahunan, Lebaran Tenabang 2024 di Jalan K.H Mas Mansyur, Jakarta Pusat.

Selain palang pintu, Tanah Abang juga memiliki ciri khas dalam merayakan Lebaran, seperti adu silat, hingga lomba “ngeset” atau menguliti kambing.

Salah satu tokoh masyarakat Tanah Abang, Riano Ahmad, menjelaskan bahwa Lebaran Tenabang merupakan acara tahunan yang sudah digelar selama delapan kali.

Sebelum akhirnya dipromosikan dan didukung penuh oleh Pemerintah Kota Jakarta Pusat, acara halal bihalal warga setempat itu awalnya diinisiasi oleh gabungan organisasi masyarakat di Tanah Abang

.”Awalnya teman-teman punya semangat kearifan lokal menggelar Lebaran Tenabang, jadi berinisiatif sendiri, bahkan kita patungan bersama-sama untuk buat acara ini. Akhirnya kemudian mendapat perhatian serius dari Sudin Kebudayaan Jakarta Pusat,” ujar Riano yang juga anggota DPRD DKI Jakarta.

Perlu diketahui, Lebaran Tenabang 2024 digelar di Jalan K.H. Mas Mansyur, tepatnya di depan Kantor Kecamatan Tanah Abang.

Acara ini digelar satu hari penuh hingga malam nanti pukul 19.00-21.00 WIB. Datengin yuk!

Foto: ANTARA/Mentari Dwi Gayati/aa.