Hebat! Lampaui Microsoft, NVIDIA Jadi Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia

Jakarta, GPriority.co.id – NVIDIA, merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat spesialisasi unit pemrosesan grafis (GPU). Baru-baru ini, perusahaan teknologi tersebut dilaporkan telah menjadi perusahaan teknologi paling terbesar di dunia.

Bahkan, NVIDIA berhasil melampaui Microsoft dengan kapitalisasi pasar sekitar $3,34 triliun, seperti dikutip dari AFP News Agency. Saham NVIDIA juga naik hingga 3,5%. Sementara itu, saham Microsoft malah turun sebanyak 0,5%.

Sedangkan Apple, saat ini berada di urutan ketiga. Sahamnya juga turun hingga 1,1%.

NVIDIA dikenal sebagai perusahaan teknologi yang chip AI-nya paling canggih. Saham NVIDIA dilaporkan mengalami lonjakan sebesar 174% pada tahun ini. Sebagian besar, hal tersebut mendorong keuntungan pasar saham di tengah boomingnya AI.

Perusahaan NVIDIA juga bergabung dengan jajaran raksasa teknologi dengan melampaui kapitalisasi pasar sebesar $3 triliun pada awal bulan ini.

NVIDIA, dipimpin oleh Jensen Huang. Baru-baru ini dilaporkan juga bahwa perusahaan tersebut mengalami peningkatan pendapat dan laba yang signifikan, hingga mencapai 262%. Dari tahun ke tahun, bahkan kenaikan pendapatannya mencapai 462%.

Pertumbuhan ini menjadikan munculnya persaingan ketat antar perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka, untuk mendapatkan nilai pasar tertinggi.

Chip NVIDIA sangat penting untuk mendukung sistem AI, termasuk teknologi AI generative seperti ChatGPT dan OpenAI yang posisi pasarnya semakin meningkat.

Foto : NVIDIA