Hemat Kuota di Zoom Meeting, Begini Caranya


Di masa pandemi zoom meeting banyak dipergunakan oleh masyarakat Indonesia baik untuk rapat maupun gelaran acara. Maklum aplikasi tersebut memang jadi media komunikasi paling efektif saat ini, terutama agar orang-orang dapat terhubung dalam menjalankan pekerjaannya meski berada di tempat yang berbeda jarak dan waktu.

Namun sayangnya penggunaan zoom meeting juga dibarengi dengan penggunaan kuota yang cukup tinggi, sehingga banyak orang yang mengeluhkan pengeluaran bulanannya.

Nah, agar kejadian tersebut tidak terus terjadi,  yuk, coba berbagai tips berikut supaya bisa lebih efisien saat menggunakan aplikasi tersebut!

1. Pilih tampilan layar yang lebih kecil

Mengecilkan tampilan layar menurut zoomhelpcenter ternyata memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kuota internet.Hal ini dikarenakan mengaktifkan video dengan tampilan layar penuh sebenarnya juga dibarengi oleh jumlah bandwidth seluler yang tersedot cukup besar.Artinya dengan tampilan yang lebih besar dan peserta yang banyak, maka penggunaan kuota internetmu akan semakin membengkak.

Nah, mengecilkan tampilan layar sendiri bisa membantu kamu menurunkan bandwidth sehingga jadi jauh lebih rendah dan secara otomatis mengurangi pemakaian kuotamu.

2.Nonaktifkan video saat tidak dibutuhkan

Jika pada saat zoom meeting tidak ada kewajiban untuk menyalakan video, alangkah baiknya fitur tersebut dimatikan, sebab dapat mengurangi jumlah data yang masuk dan keluar dari komputer kamu sehingga penggunaan kuota juga lebih sedikit dan Zoom Meeting berjalan lebih efisien.

3.Jangan gunakan video HD

Biasanya kalau di zoom meeting wajah lawan bicara terlihat kurang jelas, maka Anda akan menggantinya di resolusi HD. Jika ini sering dilakukan, alangkah baiknya mulai saat ini tidak usah dilakukan lagi. Karena meningkatkan resolusi HD dapat menyedot kuota yang semakin tinggi.

4.Matikan audio saat tidak bicara

Sama seperti fitur video, fitur audio juga menggunakan bandwith yang dapat menyedot kuota sangat banyak, sehingga jika tidak dipergunakan lebih baik dimute atau dimatikan terlebih dahulu.


5.Hindari menjalankan aplikasi lainnya

Pada saat melakukan zoom, sebaiknya matikan terlebih dahulu aplikasi lainnya. Karena meski tidak digunakan, aplikasi yang berjalan di balik layar ternyata dapat menyedot kuota yang cukup besar.

6.Gunakan aplikasi perekaman cloud

Bagi Anda yang ingin menyimpan momen zoom meeting biasanya akan melakukan perekaman. Untuk itulah disarankan untuk menggunakan aplikasi cloud. Karena tidak menyedot banyak kuota dan memori terlalu banyak.


7.Gunakan dokumen kolaboratif online

Berbagi layar memang jadi salah satu fitur dari Zoom Meeting yang sangat bermanfaat untuk melakukan presentasi dan pekerjaan lainnya yang melibatkan layar penggunanya.Namun, ada baiknya untuk menggunakan aplikasi dokumen kolaboratif online yang tersedia juga seperti fasilitas Google Docs Apps yang memungkinkan banyak orang membuka dan mengedit file sekaligus.
Pasalnya, layanan tersebut sebenarnya menggunakan data lebih sedikit daripada streaming video atau berbagi layar, lho.

Kecepatannya juga jauh lebih tinggi dibanding berbagi layar sehingga memungkinkan semua orang untuk melihat perubahan yang terjadi secara langsung.(Hs)

Related posts