HUT ke 459, Sinjai Gelar Festival Olahraga Tradisional

Sinjai, Gpriority.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-459 sekaligus ajang seleksi atlet olahraga tradisional, Pemkab Sinjai menggelar Festival Olahraga Tradisional di Halaman Stadion H.Andi Bintang.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sinjai, Hasir Ahmad, Festival Olahraga Tradisional ini dilaksanakan pada semarak Februari dalam rangka memperingati Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-459. Kegiatan ini, sebutnya, juga program dari Dispora Sinjai yang telah dirancang sebelumnya. Sehingga pada momen HJS Tahun 2023 pihaknya melaksanakan beberapa lomba olahraga tradisional.

Pihak Dispora pun menjadikan ajang ini untuk pencarian dan seleksi atlet. “Tim yang sudah dibentuk Dispora mulai memantau calon atlet untuk ikut mewakili Kabupaten Sinjai di tingkat Provinsi pada festival olahraga tradisional,” ujarnya di Halaman Stadion H Andi Bintang, Minggu, (19/02)
.
Adapun Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Pagga Kantoro menjelaskan dalam festival olahraga tradisional ini diperlombakan empat macam olahraga yaitu, Ketapel, Hadang, Engrang, dan Dagongan.

Empat lomba ini selain diikuti dari unsur pemerintah juga pencarian atlet. Diterangkannya, untuk ketapel pencarian atlet putra, Hadang untuk putri, Engrang untuk putra, dan Dagongan putra masing umur 16-24 Tahun.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya mengambil olahraga tradisonal karena dianggap salah satu olahraga yang menarik untuk masyarakat yang harus kembali diperkenalkan kepada generasi milenial agar mereka mencintai olahraga tersebut.

“Dengan adanya permainan tradisional yang diperkenalkan kembali, diharapkan para generasi milenial tidak lagi konsentrasi pada permainan yang ada di gadget. Khusus untuk pencariat atlet akan berjenjang ke tingkat Provinsi dan Nasional,” tandasnya seperti dikutip dari laman Pemkab.

Seperti diketahui, Festival Olahraga Tradisional ini dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahrga (Dispora) diikuti dari utusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Kelurahan, Desa, Sekolah dan Organisasi. (pks/ps)