Ingin Jadi Pilot, Simak 7 Sekolah Kedinasan Penerbangan di Indonesia

Jakarta,GPriority.co.id – Setelah melalui berbagai macam cara dan proses yang harus dilalui untuk lulus SMA/sederajat, para siswa tentunya memiliki mimpi masing-masing. Melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya adalah salah satu cara untuk mencapai mimpi itu.

Mimpi menjadi seorang pilot adalah salah satu cita-cita bagi sebagian anak-anak. Menempuh profesi ini tentu tidak mudah dan tidak asal. Anda harus menempuh pendidikan di sekolah penerbangan untuk mendapatkan lisensi.

Lisensi pilot pun juga bermacam-macam, antara lain Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), Instrument Rating (IR), dan Multi Engine (ME) yang juga disesuaikan dengan pesawat dan tugasnya. Melansir dari laman Kemenhub, berikut 7 Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan yang ada di Indonesia:

1. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
Sebelumnya, sekolah tinggi ini dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. Sekolah yang berlokasi di Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Banten ini bisa dikatakan sebagai sekolah penerbangan yang peminatnya paling banyak di Indonesia.

Sekolah ini merupakan perguruan tinggi kedinasan dan bersubsidi. Biayanya tentu saja jadi lebih murah dibandingkan dengan pilihan sekolah penerbangan lainnya. Anda bisa belajar mengoperasikan pesawat udara melalui program D4 Penerbang sekaligus mendapatkan lisensi yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

2. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan
Poltekbang Medan merupakan perguruan tinggi negeri di lingkungan Kemenhub yang berada di bawah dan tanggung jawab Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.

Poltekbang Medan berlokasi di Jl. Penerbangan No.85, Sempakata, Medan, Sumatra Utara. Sekolah ini memiliki program pendidikan vokasi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang penerbangan serta Diklat Transportasi Udara.

3. Politeknik Penerbangan Palembang
BP3 Palembang pada tahun 2019 telah beralih kelembagaan menjadi Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 24 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Penerbangan Palembang.

Sekolah yang berlokasi di Jl. Adi Sucipto No.3012, Sukodadi, Palembang, Sumatra Selatan ini memiliki tiga program studi yaitu Program Studi Diploma III Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Penerbangan (PPKP), Program Studi Diploma III Manajemen Bandar Udara (MBU), dan Program Studi Diploma IV Teknologi Rekayasa Bandar Udara (TRBU).

4. Politeknik Penerbangan Surabaya
Poltekbang Surabaya adalah pendidikan tinggi di bawah Kemenhub Indonesia, dengan tugas pokok melaksanakan pendidikan profesional program diploma bidang keahlian teknik dan keselamatan penerbangan yang terbuka bagi umum.

Sekolah yang bertempat di Jl. Jemur Andayani I No.73, Siwalankerto, Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur ini memiliki tugas pokok diantaranya menyelenggarakan program pendidikan vokasi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang penerbangan.

5. Politeknik Penerbangan Makassar
Poltekbang Makassar merupakan perguruan tinggi yang di selenggarakan oleh pemerintah di lingkungan Kemenhub. Poltekbang Makassar mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan vokasi dan dapat menyelenggarakan pelatihan dalam pembentukan kompetensi Sumber Daya Manusia di bidang penerbangan.

Sekolah ini berlokasi di Jl. Salodong, Untia, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan.

6. Politeknik Penerbangan Jayapura
Poltekbang Jayapura adalah salah satu Perguruan Tinggi di bawah Kemenhub yang menyediakan jasa layanan pendidikan dan pelatihan dibidang penerbangan untuk menghasilkan personil penerbangan yang prima, profesional dan beretika sesuai dengan standar nasional dan internasional serta mampu menjawab kebutuhan di dunia.

Sekolah ini berlokasi di Jl. Kayu Batu, Tj. Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

7. Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi
Sebelumnya dikenal dengan nama Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi. Kemudian diubah menurut Permen Perhubungan RI Nomor PM 73 tahun 2013 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Calon Penerbang, Calon Instruktur Penerbang, Penerbang dan Instruktur Penerbang sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan dan Standar Internasional.

Sekolah ini berlokasi di Jl. Pantai Blimbingsari, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Hn.Kemenhub)

Related posts