Ini Kronologis Meninggalnya  Muh. Din Saat Orasi Politik, Sahdar: Sudah ada Nama Pengganti Almarhum Muhdin


Malut – Pendukung dan tim sukses bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Timur (Haltim) Muhdin Ma’din dan Anjas Taher turut berdukacita atas meninggalnya Muhdin Ma’bud, pada Jumat (4/9/2020).  Pasalnya almarhum Muhdin selaku Bupati Haltim jatuh dan pingsan ketika berorasi dihadapan ribuan pendukungnya. Beliau sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan meninggal dunia di sana.

Wakil Ketua DPD II Golkar, Kabupaten Haltim Sahdar Lajime menyatakan, masyarakat Haltim merasa kehilangan seorang tokoh yang menjadi panutan yakni Bapak Muhdin Ma’din. “Masyarakat sudah titipkan amanah kepada  Muhdin Ma’din untuk melanjutkan pembangunan lima tahun mendatang, namun Allah berkendak lain,” ucap Sahdar, via handphone, Minggu (6/9/2020).

Sahdar menjelaskan kronologis kejadiannya, bahwa saat itu semua pendukung telah berkumpul untuk menyaksikan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati periode 2020-2025 ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Haltim. Setelah mendaftar ke KPUD pendukung diarahkan ke Posko pemenangan Din-Anjas Desa Sangaji untuk mendengarkan orasi politik. Namun pada hari Jumat (4/9/2020) ketika Muhdin Ma’bud melakukan orasi politik di depan pendukungnya, selang 15 menit, Muhdin Ma’bud jatuh, saat dilarikan ke RSUD tak dapat tertolongkan dan menghembuskan nafas pada sore pukul 16.21  WIT. “Puluhan pendukung mengantarkan Almarhum Muhdin ke rumah duka, yakni kediaman di Desa Soagimalaha. Besoknya Sabtu (5/9/2020) jenazah dimakamkan di Pulau Mobon, Kecamatan Maba,” kata Sahdar.

 Muh Din yang didampingi Anjas dalam orasi tersebut menyampaikan bahwa, “Perjuangan harus terus dikerjakan dan ditingkatkan. Pembangunan harus kita tuntaskan pembangunan pondasi negeri ini. Untuk selanjutnya kami akan serahkan kepada generasi-generasi muda. Pondasi pembangunan negeri ini harus kokoh, harus tangguh,” ucapnya.

Selain itu almarhum juga menyatakan, bahwa saya juga titipkan negeri ini kepada para generasi akan datang untuk melanjutkan pembangunan di negeri yang kita cintai ini,” tutur almarhum.

Untuk penggantinya, kata Sahdar, partai koalisi telah mengusulkan Ubait Yakub sebagai calon Bupati Kab. Haltim untuk berpasangan dengan Anjas Taher sebagai Wakil Bupati Haltim. “Sekarang pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Ubait Yakub – Anjas Taher, periode 2020 – 2025. Dan pasangan tersebut akan segera disampaikan ke KPUD Haltim,” ujarnya.

Ia mengaku, semua tim sukses dan pendukung tetap solid untuk mendukung pasangan Ubait Yakub dan Anjas Taher sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Timur. “Kami tetap optimis untuk memenangkan Pilkada yang diselenggarakan bulan Desember mendatang,” pungkasnya. (wmj) 

Related posts