Insentif Industri Media Disetujui Pemerintah

Jakarta,gpriority- Media termasuk salah satu sektor yang terkena dampak dari Covid-19.

Untuk itulah beberapa hari yang lalu Dewan Pers bersama sejumlah asosiasi perusahaan media mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan insentif untuk perusahaan pers, seperti Keringanan fasilitas Pajak Penghasilan (Pph) badan.

Selain itu, menurut Ketua Dewan Pers M.Nuh melalui siaran persnya beberapa hari yang lalu juga mengatakan, ada enam usulan lainnya yang juga diajukan kepada pemerintah yakni subsidi harga kertas, subsidi tagihan listrik untuk bulan Mei hingga Desember 2020, kredit berbunga rendah dan berjangka panjang di bank pelat merah, penangguhan tagihan BPJS Ketenagakerjaan.

Kemudian memberikan iklan sosialisasi penanganan Covid-19 di media massa nasional, dan memaksimalkan pungutan PPh dari perusahaan platform global yang beroperasi di Indonesia seperti Google, Facebook, Youtube, Twitter, Instagram, dan Microsoft.

Setelah melalui beberapa tahapan pembahasan hingga ke DPR RI, akhirnya insentif untuk perusahaan pers disetujui pemerintah termasuk DPR RI.
Dijelaskan Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Meutya Hafid dalam siaran persnya pada Jum’at (15/5), pemerintah telah menyetujui usulan pemberian keringanan pajak fasilitas untuk perusahaan pers.

” Hal ini bisa saya sampaikan setelah ada pertemuan terkait hal itu antara DPR RI, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Dewan Pers,” ucap Meutya.

Lebih lanjut dikatakan Meutya, Menko Perekonomian merekomendasikan hasil pertemuan ini kepada Kemenkeu dan sudah disepakati, sehingga insentif untuk perusahaan pers sudah dapat difasilitasi.
Lebih lanjut dikatakan Meutya, Dewan Pers atau masing-masing perusahaan media dapat langsung berkomunikasi dengan Direktur Jenderal Pajak terkait insentif tersebut. Pasalnya untuk keringanan pajak fasilitas sudah ada, tinggal masing-masing media berkomunikasi dengan Dirjen Pajak terkait pelaksanaannya. Atau Dewan Pers yang berkonsultasi dengan Dirjen Pajak.(Hs)

Related posts