Pemprov DKI Tolak Mudik Lokal

Jakarta,gpriority-Beberapa waktu lalu pemerintah pusat telah melonggarkan kebijakan mudik dengan beberapa persyaratan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh kepolisian, bahkan dalam keterangan persnya pada Kamis (14/5), kepolisian seperti dituturkan Kabag OPS Korlantas Polri Kombes Benyamin memperbolehkan mudik lokal. Mudik lokal yang dimaksud adalah mudik antar Jabodetabek.

Namun kebijakan berbeda justru diambil Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menurut Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo seperti dikutip CNNindonesia.com pada Jum’at (15/5) mengatakan, selama pandemi Covid-19, mudik mau lokal maupun luar tetap tidak diperbolehkan.

Menurut Syafrin, Pemprov DKI tetap berpegangan pada aturan-aturan pelaksanaan PSBB, yakni Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB dan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB.

Pasal 18 ayat 1 Pergub 33/2020 tercantum bahwa semua kegiatan pergerakan orang dan/atau barang dihentikan sementara, kecuali untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan kegiatan yang diperbolehkan selama pemberlakuan PSBB.

Terkait hal ini, Syafrin mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Polda Jabar.

Related posts