
Jakarta,GPriority.co.id – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Balai Besar Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) dorong peningkatan pelaku industri alas kaki.
Salah satu usaha Kemenperin dan BPIPI meningkatkan brand alas kaki lokal adalah dengan mengajak brand tersebut untuk ikut serta dalam ajang Jakarta Sneakers Day-Solebration 2023.
Melalui event tersebut, BPIPI mengajak beberapa brand lokal alas kaki untuk tampil dalam rangkaian kegiatan tersebut. Event juga merupakan hasil kolaborasi antara komunitas Jakarta Sneaker Day (JSD) dengan ESMOD.
“Kegiatan ini merupakan salah satu program dari kampanye #IndonesiaMelangkah yang bertujuan untuk mengajak para pelaku industri alas kaki di Indonesia bersama-sama saling mendukung dan berkolaborasi,” kata Kepala BPIPI, Syukur Idayati, di Tangerang, Sabtu (25/02).
Idayati menambahkan, sebagai salah satu subsektor industri yang berperan terhadap perekonomian, industri alas kaki semakin berpeluang untuk mengisi pasar alas kaki di dalam negeri.
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan IV 2022, pertumbuhan industri alas kaki mencapai Rp30,8 triliun, dengan nilai ekspor sebesar USD7,7 miliar.
“Pasar domestik luar biasa, namun brand lokal masih kewalahan untuk memenuhi pasar ini. Misalnya, ada beberapa yang belum memiliki workshop sendiri. Maka perlu kolaborasi antar pelaku industri alas kaki,” terang Idayati.
BPPI merupakan satuan kerja di bawah Kemenperin yang fokus mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) alas kaki. BPIPI membina IKM alas kaki untuk dapat meningkatkan kualitas produknya.
Gerakan #IndonesiaMelangkah mendorong keterlibatan para pelaku usaha alas kaki dari hulu ke hilir dengan mengusung semangat kebersamaan, kecintaan pada profesi, dan komitmen untuk terus berkembang. (Hn.Kemenperin)