Jokowi: Batik Adalah Kehormatan Bangsa!

Penulis: Dimas A. Putra | Editor: Lina F | Foto: Dimas A. Putra

Jakarta, GPriority.co.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan soal kedudukan batik bagi bangsa Indonesia sebagai identitas negara, yang mana dikatakannya juga kehormatan bangsa.

“Batik adalah wajah kita. Batik adalah kehormatan kita. Dan melalui batik tercipta lapangan kerja yang sangat banyak, jutaan orang bekerja di industri batik kita dan memberikan penghasilan dan kehidupan,” ucapnya saat membuka pameran Gelar┬áBatik┬áNusantara (GBN) 2023 di Senayan Park, Jakarta Pusat pada Rabu (2/8) pagi. Ia juga mengungkapkan jika angka ekspor batik sejak Januari – April 2023 mencapai USD 26,7 juta. Ia yakin nilai itu akan lebih tinggi pada akhir tahun karena pandemi kini telah selesai.

“Kita memiliki momentum yang sangat baik untuk kembali bangkit karena juga perekonomian kita tumbuh baik, baik tahun lalu, kuartal pertama, kuartal kedua, dan kita harapkan tahun depan juga akan semakin lebih baik,” tuturnya.

Gelar Batik Nusantara 2023 (GBN 2023), telah resmi diselenggarakan oleh Presiden Jokowi di Senayan Park, Jakarta, mulai tanggal 2 hingga 6 Agustus 2023. Tema yang diusung pada acara ini adalah “Batik, Bangkit!”, sebagai bentuk semangat untuk memajukan industri batik tanah air setelah 3 tahun terdampak pandemi Covid-19.