Jokowi Siapkan 4 Skema Insentif Bagi Petani dan Nelayan

Jakarta,gpriority-Dalam rapat terbatas melalui teleconference  yang berlangsung pada Kamis (28/5/2020) di Istana Negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jajarannya untuk menyiapkan skema besar yang bisa digunakan untuk membantu petani dan nelayanan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Adapun skema yang dimaksud adalah.

Pertama, jaring pengaman sosial. Dalam ratas tersebut Jokowi mengatakan dengan skema jaring pengaman sosial seperti program keluarga harapan,bantuan sosial tunai,bantuan langsung tunai desa, paket sembako dan program subsidi listrik, pemerintah ingin memastikan kurang lebih 2.7 juta petani dan 1 juta nelayan dan petambak bisa meringankan beban biaya konsumsi dan rumah tangga.

Kedua,program subsidi bunga kredit. Pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp.34 triliun untuk membantu para petani dan nelayan melalui kebijakan relaksasi pembayaran angsuran dan pemberian subsidi bunga kredit yang bisa didapat melalui Kredit usaha Rakyat (KUR), Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar),pembiayaaan ultra mikro,penggadaian hingga pembiayaan dan bantaun permodalan dari beberapa kementerian.

Ketiga,menyiapkan pemberian stimulus sebagai modal kerja bagi petani dan nelayan. Jokowi meminta agar skema ini prosedur dan aksesnya dipermudah,sederhana dan tidak berbelit-belit sehingga petani, nelayan dan petambak bisa memperoleh dana-dana yang dibutuhkan secara cepat.

Keempat,bantuan melalui instrumen non fiskal.Caranya,mengupayakan kelancaran rantai pasokan yang akan meningkatkan produktivitas para nelayan dan petani.(Hs.Foto.dok.BPMI Setpres)   

Related posts