KADIS KOMINFO MAHULU: BERSINERGI TINGKATKAN SARANA PUBLIK

Sebagai sarana komunikasi publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Mahakam Ulu, Kalimantan Timur terus bersinergi meningkatkan sarana publik yang berkualitas, dan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo, Mahakam Ulu Nasution Himbau Djaang, SE mengatakan program kerja tersebut sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mahulu periode 2021-2024, dan tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Kominfo juga terus memberikan informasi mengenai Covid-19 melalui media elektronik, media sosial, dan juga terjun langsung kepada masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan.

Berikut ini wawancara khusus Gpriority dengan Kadis Kominfo Mahakam Ulu, Nasution Himbau Djaang, mulai dari program kerja Kominfo 2021 terhadap visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mahulu periode 2021–2024, hingga dukungan Komifo untuk Covid-19 di Mahulu.

Apa saja program kerja Kominfo Mahulu 2021?

Program Kerja Kominfo Kabupaten Mahakam Ulu pada tahun 2021 diantaranya pengembangan aplikasi dan proses bisnis pemerintahan berbasis elektronik, pengelolaan pusat data pemerintahan daerah, pengembangan dan pengelolaan ekosistem TIK, penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik, peningkatan kapasitas sumber daya manusia pemerintah daerah, penyelenggaraan hubungan masyarakat, media dan kemitraan masyarakat, peningkatan kapasitas kelembagaan statistik sektoral, penyelenggaraan sistem jaringan intra pemerintah daerah. Dari program-program tersebut dijabarkan dalam kegiatan-kegiatan.

Bagaimana Sinkronisasi program kerja kominfo terhadap visi misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024?

Sinkronisasi program kerja Kominfo terhadap visi misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024 sudah tertuang dalam RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah) terutama pada misi pertama yaitu membangun dan meningkatkan sarana dan prasarana publik yang berkualitas, adil, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Dimana tujuan dari misi pertama tersebut meningkatnya pelayanan infrastruktur dasar dengan sasaran meningkatnya konektivitas dan pelayanan infrastruktur akses telekomunikasi.

Target kerja Kominfo 2021

Sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati tersebut kominfo meningkatkan dan mengintegrasikan layanan infrastruktur telekomunikasi, penguatan kapasitas sumber daya manusia di bidang TIK (teknologi informasi dan komunikasi) dan membangun kemitraan dengan masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu sebagai kelompok informasi masyarakat dan melakukaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga lain untuk menunjang tercapainya Visi: “Membangun Mahulu Untuk Semua: Sejahtera, Berkeadilan”.

Terkait Covid-19, apa dukungan Kominfo dalam rangka menekan angka kasus Covid-19 di Mahulu?

Dukungan Kominfostandi Kabupaten Mahulu adalah melakukan sosialisasi kepada semua masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu melalui media elektronik, sosial media dan terjun langsung ke masyarakat untuk selalu menerapkan prokes. Disamping itu juga Kominfostandi bekerjasama dengan BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kominfo dalam membangun akses internet di setiap desa dan kampung sehingga masyarakat bisa menikmati layanan internet gratis yang disediakan oleh pemerintah saja.

Close Statement dari Kadis Kominfo dalam pembangunan berkelanjutan di Mahakam Ulu?

Salah satu prasyarat yang utama dalam pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Mahulu adalah infrastruktur, terutama infrastruktur telekomunikasi. Pemeritah harus menjamin dalam hal ini bahwa seluruh infrastruktur telekomunkasi ini bisa sampai menjangkau ke desa dan kampung tertinggal, terdepan dan terluar, serta perbatasan negara dan adanya literasi digital sebagai modal tujuan pembangunan berkelanjutan.#

Related posts