Kadispar Kutim Dorong Promosi Wisata ke Level Internasional

Penulis: Dimas A Putra | Editor: Lina F | Foto: pemkabkutim.go.id

Jakarta, GPriority.co.id – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memiliki beragam potensi wisata dengan pesona alam luar biasa. Salah satunya Pulau Miang.

Namun potensi tersebut tentu dapat dimanfaatkan dengan pengembangan pariwisata melalui beragam cara seperti permodalan oleh investor.

Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullah mengatakan saat ini pihaknya tengah mendorong pengembangan potensi wisata Kutim agar lebih dikenal dan diminati oleh para investor.

Ia pun mengajak para Investor baik individu maupun kelompok untuk dapat berinvestasi disektor pariwisata dengan mudah dan cepat.

“Syaratnya cukup mudah (izin) Dispar memberikan rekomendasi kepada DPMPTSP, lalu mereka yang mengeluarkan izin, gitu,” ucap Nurullah saat ditemui GPriority, Rabu (30/8).

Disisi lain, Nurullah mengungkapkan terdapat tiga tantangan yang dihadapi dalam promosi wisata hingga ke level internasional yang pertama kata, Nurullah Atraksi atau Keunikan.

“Kedua Aminitas atau fasilitas dan ketiga, Aksesbilitas atau sarana penunjang seperti jalan dan sebagainya,” pungkasnya.

Ia menyebut tantangan tersebut dapat dilewati dengan dukungan dari berbagai sektor baik di daerah maupun tingkat pusat.

Adapun salah satu wujud nyata pengembangan wisata Kabupaten Kutim adalah menerima penghargaan Merdeka Awards dalam program desa wisata pada Rabu (30/8).

Penghargaan ini menjadi langkah awal dalam pengenalan desa wisata di level nasional maupun internasional.