Kasus Hipertensi Meningkat, Masyarakat Harus Rutin Cek Tekanan Darah

Penulis : Ponco | Editor : Lina F | Foto : dbsnet

Jakarta, Gpriority.co.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk rutin cek tekanan darah. Hal ini tak lepas dari meningkatnya kasus hipertensi di Indonesia.

Dalam webinar Hari Hipertensi Sedunia, Menkes Budi mengungkapkan 1 dari 3 orang Indonesia mengidap hipertensi, bahkan angka ini terus meningkat setiap tahunnya. Hipertensi, sebutnya, sering disebut sebagai silent killer pasalnya orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki keluhan.

Disisi lain, hipertensi juga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan penyakit lainnya yang menyebabkan kematian dan pembiayaan kesehatan yang sangat besar. “Oleh karena itu dalam memperingati hari hipertensi sedunia tahun 2023 saya mengajak kita semua untuk mengukur tekanan darah secara rutin, baik secara mandiri maupun di fasilitas kesehatan,” ujarnya dalam rilis Kemenkes.

Ditambahkannya, deteksi dini hipertensi sangat penting untuk mencegah berbagai risiko penyakit akibat tekanan darah. Deteksi dini hipertensi harus digaungkan baik oleh pemerintah pusat dan daerah, maupun semua unsur masyarakat di berbagai sektor. “Saya juga berpesan kepada masyarakat yang telah mengidap hipertensi untuk tetap menerapkan prinsip periksa kesehatan secara berkala, atasi penyakit dengan pengobatan tepat, tetap menjaga pola makan sehat dan gizi seimbang, serta upayakan beraktivitas fisik dan menghindari rokok,” pintanya.

Sebagai informasi, Hari Hipertensi se- dunia (Word Hypertension Day) diperingati setiap tanggal 17 Mei setiap tahun nya, dan pada tahun 2023 ini mengangkat tema global “Measure Your Blood Pressure Accurately, control It, Live Longer”.