Kemensos Ajak Penerima Bansos Manfaatkan SKA

Sentra Kreasi ATENSI (SKA) Ciungwanara Bogor akhirnya diresmikan langsung oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini (12/06). Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka, Bupati Kabupaten Bogor, Ade Yasin, Para Eselon I dan II Kementerian Sosial, Staf Khusus Menteri Sosial, Direksi PT. Viar, Keluarga Ibu Endang Kusuma Inten Soeweno dan Founder Kainara Healthy Food, Christine Ismuranty. Ini adalah Sentra Kreasi ATENSI ke-4 yang diresmikan setelah Sentra Kreasi ATENSI Pangudi Luhur, Sentra Kreasi ATENSI Kartini Temanggung dan Sentra Kreasi ATENSI Antasena Magelang.

Sentra Kreasi ATENSI Ciungwanara Bogor terdiri dari Kawasan Inklusi, Perakitan Motor Roda Tiga, Terapi Okupasi, Pelatihan Vokasional, Art Theraphy, Sentra Handycraft, Hijab Ciwitan, Fashion, Sentra Kuliner, Konveksi, Toko Kelontong, Urban Farming, Budidaya Ikan Cupang, Sport Center, Perpustakaan, dan Pelatihan Komputer.

Dilansir dari laman kemensos.go.id pada senin (14/06/2021) Sentra Kreasi Atensi sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan dan vokasional penerima manfaat, terciptanya lapangan pekerjaan bagi penerima manfaat, meningkatkan taraf kesehjateraan sosial penerima manfaat dari kelompok termiskin/termarjinal/terlantar.

Dengan hadirnya SKA ini penerima manfaat akan diberikan pembinaan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan potensinya yang dilaksanakan oleh Balai Disabiliitas Ciungwanara dan Bali Besar Vokasional Inten Soewono yang memberikan pelayanan multifungsi bagi penyandang disabilitas dan PPKS lainnya.

“Sentra Kreasi ATENSI ini awalnya saya inisiasi untuk penerima manfaat balai saja, tapi saya melihat banyak saudara kita yang masih kekurangan misal penerima PKH dan BPNT. Ini saya fikir sayang sekali kalau hanya dimanfaatkan penerima manfaat balai. Jadi jika ada keluarga penerima PKH dan BPNT yang punya usaha silahkan dipasarkan disini,” Jelas Risma dalam sambutannya.

Bupati Bogor, Ade Yasin menyampaikan bahwa pihaknya merasakan manfaat keberadaan Balai Ciungwanara dan Bali Besar Vokasional Inten Suweno Bogor karena banyak menciptakan penyandang disabilitas yang sukses.

Dalam peresmian ini, Kementerian Sosial juga memberikan penghargaan kepada dua sosok yang berkontribusi dalam upaya rehabilitasi sosial penyandang disabilitas. Mereka adalah Endang Kusuma Inten Soeweno yang mendapat penghargaan atas Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas serta Christine Ismuranty, Founder Kainara yang mendapat penghargaan atas Penyediaan Nutrisi Gluten Free Bagi Penyandang Autis.(Sof.Foto.dok.Kemensos)

Related posts