Kenali 5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

Jakarta,GPriority.co.id – Tahukah kamu? Tomat masuk kedalam klasifikasi tumbuhan dengan hidup singkat di iklim tropis. Buah tomat merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang memiliki tiga warna yaitu hijau, kuning, dan merah.

Buah yang sering dijadikan saus ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, karena mengandung antioksidan berupa polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid serta likopen yang dapat membantu memerangi efek radikal bebas untuk mengatasi penyakit kanker.

Tomat juga memiliki kandungan lain seperti vitamin A dan C, kalium, folat, lutein, dan rendah kalori serta lemak. Masyarakat Indonesia biasanya menjadikan tomat sebagai jus. Secangkir jus tomat murni mengandung banyak vitamin dan juga mineral. Berikut manfaat tentang jus tomat untuk kesehatan:

1. Menyehatkan Kulit Wajah
Manfaat jus tomat yang pertama adalah untuk kesehatan kulit sebagai masker wajah. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam jus tomat bisa mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, bekas jerawat, dan juga komedo. Masker tomat juga dapat mengecilkan pori-pori kulit dan juga mencegah produksi minyak berlebih.

Mengolah jus tomat menjadi masker caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan 1-2 buah tomat berukuran sedang, (tanpa air) kemudian oleskan merata pada wajah. Tunggu 10-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Melindungi Risiko Penyakit Kanker
Manfaat jus tomat lainnya adalah mengurangi risiko terserang penyakit kanker. Tingginya kandungan nutrisi dan antioksidan memberikan bukti yang jelas bahwa jus tomat mempunyai efek anti kanker yang dibutuhkan.

3. Menstabilkan Tekanan Darah
Manfaat jus tomat berikutnya adalah membantu menstabilkan tekanan darah. Menurut laporan penelitian, orang yang minum jus tomat tanpa garam satu cangkir setiap harinya menunjukkan penurunan tekanan darah dibanding orang-orang yang tidak meminumnya selama setahun.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan kalium dalam jus tomat sangat penting untuk menjaga tekanan darah dalam jantung. Dengan mengurangi kelebihan natrium dalam tubuh, membantu Anda memperkuat arteri dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Para peneliti mengungkapkan bahwa buah tomat juga memiliki peranan penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi tomat memiliki 26 persen risiko penurunan terserang stroke, 14 persen penurunan penyakit jantung, dan 37 persen risiko kematian lebih rendah.

5. Penurunan Berat Badan
Manfaat lain dari jus tomat adalah mampu untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian, kandungan leptin dalam buah tomat memberi sinyal pada otak untuk berhenti makan saat kamu kenyang. Leptin dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan. (Hn.)

Related posts