Kepala BPKAD Sultra Dukung Penerapan KKPD, Sebut Lebih Transparan dan Akuntabel

Penulis : Dimas | Editor : Lina F | Foto : Dimas

Jakarta,GPriority.co.id-Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhamaad Ilyas Abibu mendukung program penerapan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) sebagai langkah meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, dari pelaksanaan anggaran.

“Kita menghindari atau mengurangi transaksi tunai, tujuannya sebagai transparansi dan meminimalisasi dari penyimpangan-penyimpangan transaksi kas, kecenderungannya itu bisa menimbulkan godaan, sehingga kita gunakan kartu kredit pemerintah,” ujar Ilyas ditemui GPriority dalam kegiatan Bimtek penerapan SIPD dan KKPD Provinsi Sultra di Jakarta, Rabu, (14/6).

Dalam pelaksanaannya, Ilyas mengungkapkan telah berkomunikasi dengan Bank Sultra dalam proses mengeluarkan kartu kredit.

Namun dalam penerapannya, Ia menjelaskan akan dilakukan pilot project pada depan pada beberapa OPD.

“Tentu kita bekerjasama dengan perbankan yang mengeluarkan kartu kredit, karena itu kita sudah membangun dan berkomunikasi dengan Bank Sultra,” pungkasnya.

“Tahun 2024, kita akan melaksanakan pilot project pada beberapa opd, jadi kita belum menerapkan secara keseluruhan dan kita evaluasi yang menjadi kelemahan-kelemahan,” lanjutnya.

Menurutnya, jika melaksanakan di tahun 2023 akan terkendala pada penyusunan dan ketersediaan Kartu Kredit yang hanya 40 persen.

Lebih lanjut, Ilyas berharap ketika penerapan ini (KKPD) bisa mengefektifkan dan mengefisiensikan pelaksanaan tata Kelola keuangan daerah.

Adapun, rangkaian kegiatan Bimtek tersebut diselenggarakan selama 3 hari pada, 14 Juni-16 Juni 2023 yang diikuti oleh 230 peserta seluruh perangkat se Provinsi Sultra.