Kerja Sama dengan AS, Indonesia Resmikan Pusat Pelatihan Maritim ‘Anambas’ Batam

Batam, GPriority.co.id – Indonesia dan Amerika Serikat (AS) meresmikan Pusat Pelatihan Maritim ‘Anambas’ di Batam, Kepulauan Riau. Peresmian ini dilakukan pada Senin (29/1) kemarin. Pada peresmian itu, hadir Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar AS, Michael F. Kleine bersama Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), Laksdya TNI Irvansyah.

“Dalam kurun waktu empat tahun sejak peletakan batu pertama, pusat pelatihan yang baru ini akan meningkatkan kemampuan maritim Indonesia serta memperkuat peran Indonesia. Yaitu, sebagai pemimpin dalam melawan kejahatan di tingkat domestik dan transnasional,” kata KUAI Kleine.

Pusat pelatihan ini dibiayai oleh Bureau of International Narcotics and Law Enforcement (INL) Departemen Luar Negeri AS senilai USD1,5 juta. Pusat pelatihan komprehensif ini mencakup enam ruang kelas, ruang konferensi, dan kantor.

Pembangunan tahap pertama telah selesai pada Juni 2022, dengan alokasi dana lebih dari USD700.000. Tahap pertama ini dibiayai oleh US Indo-Pacific Command’s Joint Interagency Task Force West.

Selain memperkuat persahabatan dua negara, pada kesempatan itu, Kepala Bakamla Irvansyah mengatakan, Pusat Pelatihan Maritim ‘Anambas’ di Batam, juga berfungsi sebagai wadah pelatihan bagi para pelaut. Tidak lama setelah dibuka, 16 personel Bakamla RI menjadi siswa pertama di Pusat Pelatihan ini.

Kelas perdana yang diadakan adalah Pelatihan Instruktur Operator Kapal Kecil (Small Boat Operator Instructor), dan berlangsung selama dua minggu. Dalam pelatihan tersebut, juga turut menghadirkan fasilitator USCG. Tujuannya yaitu mempersiapkan instruktur Bakamla RI dalam melatih para personil di masa depan yang mumpuni.

Irvansyah menyampaikan, pusat pelatihan maritim di Kota Batam tidak hanya diperuntukkan bagi personel Bakamla. Melainkan, juga untuk para kementerian/lembaga terkait keamanan dan keselamatan laut.

Dalam acara peresmian itu, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI juga menetapkan empat kawasan strategis pengamanan laut di Indonesia. Meliputi Laut Natuna Utara, Perairan Aceh, Ambalat (Kalimantan Utara), dan perbatasan Indonesia-Australia.

Foto : Kabar Kini