Kasus Pidana Pemilu, Caleg Purworejo Dihukum 3 Bulan Penjara

Jakarta, GPriority.co.id – Muhammad Abdullah, Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Purworejo, resmi di vonis tiga bulan penjara, setelah diduga melakukan kasus pidana pemilu. Sebelumnya pihak kejaksaan PN (Pengadilan Negeri) Purworejo, menuntut Abdullah selama 6 bulan penjara.

Kasus pidana pemilu yang dilakukan Politikus Partai NasDem tersebut adalah melakukan kampanye dengan melibatkan anak di bawah umur. Kampanye itu dilakukan oleh terdakwa dengan menyebarkan video melalui media sosial. Abdullah kemudian ditetapkan sebagai tersangka oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu, Purworejo.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo, Issandi Hakim, mengatakan putusan majelis hakim tersebut lebih ringan. Selain hukuman bui, Abdullah juga dijatuhi hukuman denda sebesar Rp6 juta. Jika tidak dibayarkan, akan diganti dengan kurungan selama 1 bulan.

“Terdakwa terbukti melanggar Pasal 493 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” ujar Issandi.

Dalam amar putusan hakim, tidak ada perintah untuk mencoret nama terdakwa dari daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Kabupaten Purworejo. Selain itu,juga tidak ada perintah agar terdakwa ditahan. Oleh karena hal tersebut, jaksa penuntut umum maupun terdakwa akan menimbang keputusan lanjutan, dalam waktu 3 hari.

Foto : Jateng Today