Khawatir Sungai Tertimbun Sampah, BLH Turunkan Alat Berat

PAREPARE, Gpriority — Pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Parepare menurunkan dua armada kebersihan ke tepih Sungai Karajae, Jalan Lingkar Jend.Muh.Yusuf wilayah Kelurahan Watang Bacukiki Kecamatan Bacukiki Kotq Parepare.

Dua armada ini berupa, Buldoser dan Truk pengangkut sampah untuk meratakan dan mengakut sampah buangan masyarakat yang menumpuk ditepih sungai yang menumpuk, Rabu, 26 Mey sekitar pukul 15.30 WITA kemarin.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (DLH) Kota Parepare, Budi Rusdi, terkait hal ini, mengaku sampah pada dasarnya tidak boleh dibuang ke sungai, adapun aktifitas personil DLH dan Armadanya, di lokasi sore kemarin, adalah meratakan sampah bongkaran dan sampah rumah tangga, dan diturunkan armada untuk mengangkutnya.

“Jadi Anggota DLH sedang membersihkan dan meratakan, sampai ada 2 mobil yang diratakan, tadi siang dan memang untuk di tebing sungai sudah banyak sampah rumah tangga yang bertumpuk, menyikapi itu, kami juga sudah menjadwalkan anggota untuk melakukan pembersihan tebing sungai yang banyak tumpukan sampah rumah tangganya yang tidak bisa diselesaikan dengan alat berat” Ungkap Budi Rusdi.

Dijelaskanya, terkait banyaknya aktifitas warga yang membuang sampah ke tepi sungai, Ia berharap masyarakat terlibat mensosialisasikan dan mengingatkan Camat/ Lurah untuk melakukan upaya upaya menjaga kebersihan wilayahnya seperti sosialisi atau mengindentifikasi masyarakat yang tidak terlayani pembuangan sampahnya.

“Kita berharap masyarakt tidak lagi seenaknya membuang sampah sembarangan baik sampah bongkaran bangunan maupun sampah rumah tangga, perhatian dan partisipasi ketua RT/RW untuk melarang warganya membuang sampah di lokasi, khususnya daerah tepih sungai” Jelas Budi Rusdi lagi. (Ae)

Related posts