Kim Jong-un Sampaikan Salam Persahabatan untuk Putin di Victory Day

Jakarta, GPriority.co.id – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengirim pesan ucapan selamat kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, atas Hari Kemenangan, atau yang lebih dikenal dengan Victory Day, sambil menyatakan dukungan kuat dan solidaritas dengan Moskow.

Dalam pesan perayaan 79 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman pada Perang Dunia II, yang dikutip oleh Kantor Berita Korea Utara KCNA pada Kamis (9/5), Kim menyampaikan ucapan selamat hangat dan salam persahabatan kepada Putin.

Kim memuji Putin atas upaya terdepan untuk mempertahankan kedaulatan Rusia terhadap “tantangan jahat dan ancaman kekuatan musuh,” yang tampaknya merujuk pada perang Rusia dengan Ukraina.

“Saya menyatakan dukungan tegas dan solidaritas terhadap tujuan suci Rusia, berharap Anda dan tentara serta rakyat Rusia yang pemberani akan meraih kemenangan baru dalam perjuangan mengalahkan kebijakan hegemonik imperialis,” kata Kim seperti dikutip dari KCNA.

Pada awal pekan ini, Kim Jong-un juga mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Putin karena secara resmi memulai masa jabatan kelima sebagai pemimpin Moskow.

Putin memulai masa jabatannya yang kelima pada Selasa, memperpanjang masa jabatannya selama 24 tahun hingga enam tahun setelah kemenangan telak dalam pemilu pada Maret lalu

Korea Utara dan Rusia telah memperdalam kerja sama militer dan memperkuat hubungan bilateral setelah Kim dan Putin mengadakan pertemuan puncak pada September tahun lalu.

Penulis: Ahmad Faqih Zuhair
Foto: KCNA via REUTERS