Kominfo: Forum Smart City 2024 Dihadiri Oleh 1600 Peserta dari Seluruh Kabupaten/Kota Indonesia

Bali, GPriority.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melaporkan sebanyak 1600 peserta dari seluruh kota/kabupaten di Indonesia, hadir dalam kegiatan ‘Forum Smart City 2024’ di The Meru Hotel Sanur Bali, pada Senin (24/6).

“Dihadiri oleh 514 kota/kabupaten dari 38 provinsi. Sehingga saat ini kami laporkan, Forum Smart City 2024 ini dihadiri oleh 1600 orang peserta,” ujar Aris Kurniawan, Plt. Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan.

Lebih lanjut Aris mengatakan, acara ini berperan sebagai wadah koordinasi dan sinergi, terutama berkaitan dengan teknologi-teknologi baru yang dapat diadopsi di kota/kabupaten yang diundang dalam forum tersebut.

“(Tujuannya) agar tantangan-tantangan unik kearifan lokal pada kota/kabupaten ini dapat di highlight dan dijadikan satu kekuatan baru untuk menyelesaikan banyak persoalan lokal, seperti salah satunya pelayanan publik,” ungkap Aris.

Adapun, terdapat 3 agenda utama pada acara Forum Smart City 2024 ini, menurut penuturan Aries.

Pertama, evaluasi tahap I kota cerdas (smart city) bagi 241 kabupaten/kota. Kemudian business match making, yaitu forum seminar dan presentasi dari berbagai stakeholder.

Terakhir, kegiatan pameran/exhibition dari beberapa perusahaan swasta dari bidang teknologi, untuk mendukung implementasi kota cerdas (smart city).

Foto : Nindya Farhah Azzahrah / GPriority