Lombok Tengah Jadi MPP ke-112 yang Diresmikan PANRB

Lombok Tengah, GPriority.co.id– Bagi masyarakat Lombok Tengah memiliki Pusat layanan publik yang berprinsip mudah dan cepat merupakan salah satu impian. Impian tersebut kini terwujud dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP).

MPP yang ke-112 secara nasional ini hadir untuk mewujudkan alur birokrasi yang lebih cepat, mudah, dan bersih. Peresmian ini dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Anas pada Rabu, 1 Maret 2023.

“Dengan peresmian MPP ini, proses perizinan akan semakin mudah, menciptakan tata kelola pemerintah yang lebih baik, dan terbangunnya layanan publik yang terpusat. Berbagai kemudahan dalam pengurusan pelayanan publik dapat dirasakan oleh masyarakat tanpa harus bepergian dari satu tempat ke tempat lain, sehingga untuk segala keperluan dapat diurus di satu tempat saja,” ungkap Abdullah Azwar Anas.

MPP ini berada di Jl. Gajah Mada No. 107, Leneng, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Instansi yang bergabung sebanyak 21 instansi dengan memberikan 160 layanan. Bagi masyarakat yang ingin mengurus perizinan maupun nonperizinan, bisa datang pada hari Senin-Jumat pukul 08.30 hingga 15.00 WITA.

Sebelumnya, telah dilakukan soft launching MPP oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat seiring dengan telah rampungnya proses pembangunan gedung MPP di eks kantor DPRD setempat pada Jumat, 30 Desember 2022 yang dihadiri Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri.

Berbagai fasilitas penunjang disediakan untuk masyarakat umum seperti fasilitas hiburan dan gedung khusus menjajakan kuliner. Sedangkan untuk sarana dan prasarana lainnya meliputi ruang customer service, ruang tunggu, ruang informasi, ruang rapat, stan pelayanan, layanan mandiri, ruang laktasi, toilet, pusat ATM, area bermain anak, serta ruang informasi publik.

Berikut Daftar instansi yang sudah bergabung dengan MPP Lombok Tengah:

OPD Kabupaten/Kota

  1. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  2. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
  3. Dinas Komunikasi dan Informatika
  4. Dinas Koperasi dan UKM
  5. Dinas Pertanian
  6. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  7. Dinas Lingkungan Hidup
  8. Dinas Perhubungan
  9. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  10. Dinas Kesehatan
  11. Dinas Pendidkan
  12. Dinas Perindustrian dan Perdagangan
  13. Badan Pendapatan Daerah

BUMD Kabupaten/Kota

  1. BANK NTB SYARIAH
  2. PDAM

OPD Provinsi
LTSA-P3MI

Kementerian/Lembaga

  1. ATR/BPN
  2. Polres Lombok Tengah
  3. KPP Pratama

BUMN

  1. BPJS Kesehatan
  2. BPJS Ketenagakerjaan