Manfaat Rendaman Air Nanas untuk Kesehatan


Buah nanas merupakan buah tropis yang tergolong rendah kalori dan memiliki nutrisi yang berlimpah.

Nanas juga memiliki kandungan vitamin C, mangan, tembaga, folat, kalium, magnesium, niasin, zat besi, dan vitamin A. mengandung banyak vitamin dan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi nanas, bisa dengan memakannya secara langsung, di rujak, di buat jus, dan bahkan meminum air rendaman nanas.

Berikut ini berapa manfaat rendaman air nanas jika diminum secara rutin.

1. Meningkatkan Imunitas

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, konsumsi 1 cangkir buah nanas segar atau sekitar 150 gram mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh Anda akan lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab infeksi, sehingga Anda akan lebih fit dan tidak mudah jatuh sakit.

2. Menurunkan berat badan

Buah nanas cocok untuk yang sedang berusaha menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil. Buah ini rendah kalori dan kaya serat, sehingga bisa membuat kenyang lebih lama. Tak hanya itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa nanas bisa membantu meningkatkan proses metabolisme lemak, sehingga membuat berat badan lebih mudah terkontrol.

3. Mengurangi Peradangan

Nanas memiliki enzim proteolitik yang relatif langka, bromelain yang ditemukan di dalam nanas bisa membantu memecah protein perusak sendi, dan mengurangi peradangan dan bisa meringankan nyeri radang sendi. Bromelain juga baik dikonsumsi untuk mengencerkan dahak dan mengurangi batuk, serta sinusitis.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Buah nanas juga baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. Ini berkat kandungan serat, antioksidan, serta zat bromelain yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Kesehatan Tulang dan Kulit

Nanas mengandung mangan, vitamin B, vitamin C, serta antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Selain itu, buah nanas juga baik dikosnumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis, terutama pada lansia.

6. Tingkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan, kalium, serta serat pada nanas dapat meningkatkan kesehatan Jantung dan baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengontrolnya agar tetap stabil. Nanas juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah. (Dwi.foto.dok.istimewa)

Related posts