Ternyata Ayam Bisa Awet Selama 1 Tahun, Ini Tipsnya


Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang sering diolah, dan menjadi makanan favorit setiap orang.

Sebagian orang sering membeli daging ayam dalam jumlah relatif banyak untuk persediaan. Selain bisa langsung dimasak, ayam juga bisa disimpan dan awet hingga beberapa bulan, atau bahkan hingga satu tahun jika cara pengimpanannya tepat.

Daging ayam yang disimpan sering kali menurun kualitasnya. Selain pengaruh suhu tempat penyimpanan juga pengaruh dari bakteri yang merusak ayam.

Berikut ini tips agar ayam bisa awet berbulan-bulan hingga setahun.

1. Simpan di Kulkas Suhu di Bawah 5°C

Jika ingin mengimpan ayam lebih lama sebaiknya simpan ayam pada suhu di bawah 5°C. Agar bakteri pada ayam tidak berkembang lebih cepat, sehingga memperlambat kerusakan. Jika ayam disimpan pada suhu kulkas, maka harus segera diolah dalam waktu 48 jam atau 1 sampai 2 hari agar aman untuk dimakan. Sementara ayam yang matang, bisa bertahan di kulkas selama 3 sampai 4 hari.

2. Tidak Memotong Ayam

Hindari memotong ayam menjadi beberapa bagian jika ingin ayam awet selama satu tahun. Sebab, jika ayam potong lebih banyak terkena sentuhan dan rentan terkontaminasi bakteri. Ayam potong juga punya masa simpan lebih pendek.


3. Menyimpan di Freezer

Letakkan segera daging ayam yang masih segar yang belum dipotong ke dalam freezer dengan suhu di bawah minus 20 °C. Untuk ayam mentah yang sudah dipotong dapat disimpan di freezer hingga 9 bulan, kemudian ayam yang sudah dimasak dapat disimpan di freezer selama 2 sampai 6 bulan, tergantung cara pengolahannya.

Ketika akan dimasak, hindari mencairkan ayam beku pada suhu ruangan karena bakteri akan berkembang biak dan berpotensi berbahaya, sebaiknya cairkan ayam beku dengan dimasukkan ke dalam lemari es atau mencairkannya dalam oven microwave.

4. Simpan di Tempat Terpisah

Ayam harus ditaruh terpisah dengan makanan lain dan di simpan dalam wadah kedap udara. Hal ini bertujuan untuk menghindari sari daging ayam menetes ke makanan. Jika itu terjadi akan sangat berbahaya terutama untuk produk yang tidak dimasak ketika akan dikonsumsi misalnya buah-buahan.

5. Tidak Mencuci Daging Ayam 

Menurut para ahli, daging ayam mentah sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasak. Mencuci ayam mentah juga sebenarnya tidak akan menghilangkan semua bakteri pada dagingnya. Malah dikhawatirkan tempat cuci piring dan sekitarnya bisa terkontaminasi percikan sari daging mentah. Ayam bisa dibersihkan dari kotoran dan bakteri dengan merebusnya sebentar, buang airnya, lalu siram air mengalir. 

6. Pilih Ayam yang Tidak Ada Bercak

Pemilihan ayam pun menentukan jangka waktu penyimpanannya. Ayam yang baik dan bisa bertahan lama harus bebas bercak atau tanda biru di badannya. Dan pastikan tekstur ayam kenyal dan tidak terlalu berair bila disentuh. (dwi.foto.dok.istimewa)

Related posts