Manfaatkan Rempah Indonesia Untuk Kesehatan

Dalam rangka memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam upaya pengembangan kesehatan tradisional perlu mengarahkan agar masyarakat dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri dan benar melalui pemannfaatan tanaman obat sebagai obat tradisional.

Pemanfaatan obat tradisional sendiri harus tetap memperhatikan petunjuk penggunaanya seperti di antaranya memiliki izin edar dari BPOM, informasi yang tercantum dalam kemasan harus diperhatikan antara lain aturan pakai, tanggal kadaluarsa, peringatan/kontra indikasi, khasiat, kondisi kemasan harus dalam keadaan baik, dan bentuk fisik produk dalam keadaan baik.

Obat tradisional juga tidak boleh digunakan dalam keadaan kegawatdaruratan dan keadaan yang potensial membahayakan jiwa.

Dalam siaran pers Kemenkes RI 19 Mei 2020, beberapa contoh tanaman obat meliputi jahe merah, jahe, temulawak, kunyit, kencur, lengkuas, bawang putih, kayu manis, sereh, daun kelor, daun katuk, jambu biji, lemon, jeruk nipis, dan jinten hitam.

Kemudian contoh pembuatannya seperti obat daun kelor yang bisa mengontrol tekanan darah. Pembuatannya pun sangat mudah. Siapkan 2 genggam daun kelar dan 2 cangkir air, rebus air sampai mendidih masukan daun kelor, kemudian saring. Untuk dewasa bisa minum 2 kali sehari 1 cangkir, dan anak-anak 2 kali sehari setengah cangkir.

Selain itu obat tradisional juga memiliki khasiat di antaranya untuk daya tahan tubuh, darah tinggi, diabetes, mengurangi keluhan batuk, flu, sakit tenggorokan, dan meningkatkan produksi ASI.(Sof.Foto.Istimewa)

Related posts