Mengenal Apartemen Single Tower

Apartemen akhir-akhir ini cukup popular untuk digunakan sebagai tempat hunian pengganti rumah. Apalagi bagi mereka yang memilih tinggal di pusat kota seperti Jakarta dan sekitarnya, maka apartemen menjadi salah satu pilihan alternatif sebagai tempat tinggal.

Apartemen bisa dibilang sebagai gedung bertingkat yang dibangun dalam satu lingkungan, yang bisa dibangun secara horizontal ataupun vertikal.

Ada berbagai jenis apartemen yang bisa kita jumpai. Berdasarkan bentuknya apartemen dibedakan menjadi single tower dan multi tower.Namun dalam tulisan ini, kita akan membahas apartemen dengan bentuk single tower.

Sesuai dengan namanya, apartemen single tower merupakan apartemen yang hanya terdiri dari satu massa bangunan. Unit-unit hunian akan berada dekat dengan tangga dan lift, sehingga ruang koridor dapat diminimalkan. Core atau inti bangunan tipe single tower ini umumnya berada di bagian tengah. Bentuk bangunannya pun seperti tiang, dengan ketinggian bangunan apartemen umumnya di atas 20 lantai.

Berdasarkan bentuk masa, apartemen dengan satu tower dapat dibedakan menjadi tower plan, expanded tower plan, cicular plan, cross plan, dan five wing plan.

Karena apartemen ini hanya ada satu tower, maka jumlah unit dari apartemen ini juga lebih sedikit dan tidak sebanyak dari apartemen pada umumnya. Hal  tersebutlah yang menjadi kelebihan dari apartemen single tower ini. Karena jumlah unitnya yang terbatas otomotatis penghuninya pun sedikit.

Kita akan merasa lebih eksklusif dan private. Kelebihan lainnya adanya itu ada ditempat parkirnya, akan jauh lebih nyaman karena tidak rebutan dengan penghuni lainnya. Pemandangan di sekeliling apartemen pun lebih terlihat karena tidak terhalang oleh tower lain, jadi kita bisa lebih menikmati pemandangan dengan bersantai di teras apartemen atau pun sekedar berfoto dengan view apartemen yang luas.

Ada istilah ada uang ada barang, karena apartemen ini memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik maka apartemen ini juga lebih mahal dari apartemen lain, baik dari segi harga maupun biaya pemeliharaannya, seperti service cash keamanan, listrik, air, dan lain-lain.

Contoh apartemen single tower diantaranya Apartemen Boulevard Thamrin, Apartemen Sahid, Apartemen Westmark Taman Anggrek, Tree Park BSD, dan masih banyak lagi yang lainnya.(Dwi.Foto.Hs)

Related posts