Mengenal Keindahan Panorama Nuca Molas, Surga Flora Fauna Yang Jarang Terekspos

Jakarta, GPriority.co.id – Nuca Moles Manggarai atau Pulau Mules, merupakan salah satu destinasi yang kaya akan flora dan faunanya di daerah Flores, Nusa Tenggara Timur. Lebih tepatnya terletak di kabupaten Manggarai.

Menurut bahasa masyarakat setempat, nama ‘Moles’ memiliki arti cantik. Hal ini didasari pada bentuk pulau Nuca Molas yang jika dilihat dari jauh seperti seorang wanita yang sedang berbaring.

Untuk menikmati keindahan Pulau Moles, wisatawan bisa menyusuri sisi selatan Pulau Flores. Saat dalam perjalanan ke Desa Wae Rebo atau overland menuju ke Ruteng dan Kelimutu, keindahan ‘si cantik’ Nuca Molas akan mudah terlihat.

Pulau Mules memiliki luas 18.029 hektare di selatan Pulau Flores. Nuca Molas menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna khas Indonesia. Seperti rusa, penyu dan burung maleo. Lautnya indah juga kaya dengan flora dan fauna. Pulau Mules hidup beragam satwa, antara lain penyu, lumba-lumba, ikan beragam jenis, gugusan koral dan anemon.

Memiliki ukuran ombak yang sedang dan tenang, Nuca Molas cocok untuk anda yang suka atau hobi surfing, snorkeling, dan diving. Jika air laut sedang surut surut, wisatawan juga bisa menemukan binatang laut bulu babi, siput laut dan bintang laut.

Kawanan sapi, kambing dan rusa mencari rumput di padang savanna, juga bisa anda lihat di Nuca Moles, karena pulau ini menawarkan hamparan keindahan alam berupa bukit batu, padang rumput savana dan pepohonan.

Di Pulau Nuca Moles terkenal dengan rusa putih (Tagih Bakok). Rusa jenis ini bukan hanya langka, tetapi juga menjadi legenda bagi warga sekitar.

Untuk berlibur ke pulau Nuca Moles, anda bisa menuju ke Kota Ruteng. Setelah itu pergi ke Desa Dintor selama kurang lebih 1 atau 2 jam, dan menyebrang ke pulau Nuca Moles (pulau mules) menggunakan perahu kecil, selama 30 menit.

Jika ingin menikmati Pulau Mules lebih lama, bisa menyiapkan perbekalan alat camping atau tenda dan berkemah di sekitar area pantai. Untuk seseorang yang ingin mencari ketenangan dan ingin bersantai sejenak dari hiruk pikuk kota yang penuh polusi, pulau mules adalah alternatif berlibur yang patut dipertimbangkan.

Foto : Pemkab Manggarai