Mengenal Tari Tenggek Khas Kota Denpasar Bali pada Pembukaan Forum Smart City 2024

Bali, GPriority.co.id – Pembukaan acara ‘Forum Smart City 2024’, resmi digelar. Ada satu hal yang menarik perhatian pada pembukaan acara ini. Yaitu persembahan Tari Tenggek, khas Kota Denpasar Bali.

Dilansir dari Budaya Iraga, Tari Tenggek merupakan tari kreasi baru maskot fauna dari Kota Denpasar Bali. Berdasarkan penuturan Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Tari Tenggek terinspirasi dari burung tenggek yang hidup di pesisir atau di pohon bakau. “

Dan sampai sekarang kami mampu mempertahankan keberadaan burung tenggek yang ada pada kawasan konservasi tahura (taman hutan rakyat) bakau yang ada di pesisir pantai kami,” jelasnya.

Berdasarkan penuturan Kadek Agus, selama burung tenggek masih hidup di wilayah atau kawasan pesisir pantai Denpasar Bali, maka lingkungan Bali dianggap masih sehat.

“Oleh karena itu, kami selalu tampilkan Tarian Burung Tenggek sebagai pengingat kepada masyarakat kami di Kota Denpasar,” ujar Kadek Agus.

Dikutip dari jurnal Denpasar, Tari Tenggek merupakan tari kreasi baru yang memiliki karakteristik gerak yang dinamis, lincah, serta memiliki ciri khas berupa ragam gerak yang mencirikan atau membedakan tarian tersebut dengan tari lain pada umumnya.

Tari Tenggek merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Denpasar, untuk terus melestarikan satwa Kedis Tenggek yang semakin hari semakin punah, seperti dilansir dari laman X Pemerintah Kota Denpasar.

Foto : Nindya Farhah Azzahrah / GPriority