Menikmati Udara Sore di Wilhelmina Park Pangkalpinang

Berada dititik 0 Kota Pangkalpinang, Taman Sari memiliki lokasi yang strategis di ibukota Provinsi Bangka Belitung. Dikenal juga dengan sebutan Wilhelmina Park, Taman Sari menjadi salah satu ruang publik yang keberadaannya memberikan fungsi positif bagi masyarakat Pangkalpinang.

Sebagai sebuah Taman Kota, Taman Sari tentunya menjadi Ruang terbuka Hijau (RTH) yang berfungsi sebagai paru-paru kota yang menyumbang zat asam. Namun selain itu, ada beberapa hal lainnya yang membuat Taman Sari berbeda dibandingkan dengan taman-taman kota lainnya.

Ciri utama Taman Sari adalah adanya sebuah tugu yang berada ditengah taman yang dinamakan Tugu Pergerakan Kemerdekaan. Tugu ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Bangka dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Di salah satu sisi taman, terdapat bangunan seperti pendopo yang berukuran sedang. Biasanya tempat ini dijadikan kegiatan seni budaya. Tak hanya bisa dimanfaatkan oleh remaja atau dewasa , Taman Sari juga memberikan perhatian bagi kebutuhan anak-anak. Beberapa sarana bermain untuk anak-anak seperti ayunan ada di tempat ini.

Sudah sewajarnya taman kota, Taman Sari memiliki peran sebagai penyedia oksigen bagi masyarakat kota. Terdapat pohon-pohon berukuran besar yang berusia puluhan tahun. Beberapa gazebo yang ada memungkinkan pengunjung untuk beristirahat dan bersantai menikmati udara di taman ini. (VIA)

Related posts