Mentan Beberkan 3 Program Utama saat Musrenbangtannas 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman membeberkan 3 program utama dalam Musyawarah Pembangunan Pertanian Nasional (Musrenbangtannas) Tahun 2024. Diantaranya, Pompanisasi, OPLA (optimalisasi lahan) dan Padi gogo.

“Target pompanisasi menyasar di seluruh Indonesia dengan tujuan mengatasi kekeringan yang diduga melanda tidak merata di wilayah Indonesia,” kata Andi dikutip rilis resmi Kementan, Rabu (26/6).

Disamping itu, Mentan menyebut, ancaman global ini terjadi diseluruh dunia. Untuk itu, kata Mentan, berbagai upaya yang dilakukan di dalam negeri dalam mengatasi hal ini, perlu menjadi komitmen bersama.

“Pelibatan TNI AD dan Babinsa di seluruh wilayah adalah bagian dari langkah strategis untuk mengawasi terjadinya kekurangan produksi, termasuk penyediaan pompa dan penyebaran traktor sesuai dengan data alokasi dari Dinas-Dinas,” ujarnya.

Adapun Mentan Andi menegaskan, jika daerah yang tidak hadir pada kesempatan Musrenbangtannas serta tidak serius berkomitmen, akan dilakukan pengalihan kepada daerah lainnya.

“Menyoroti hal ini, Kementerian Pertanian mengharapkan terciptanya dua hal yaitu sinergi dari daerah dan tentunya komitmen yang tinggi, tidak saja daerah, namun juga, Kementerian Dalam Negeri. Sinergi ini menjadi penting untuk proses pencapaian kinerja sesuai yang telah ditargetkan secara bersama-sama,” ucapnya.

Foto: Kementan